Pratama, Aldora (2018) Pengaruh Media film Animasi dan Pengetahuan Awal Terhadap Keterampilan Menulis Narasi pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas V Sekolah Dasar. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_01_ALDORA_PRATAMA_16124004_4988_2018.pdf [thumbnail of B1_01_ALDORA_PRATAMA_16124004_4988_2018.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_01_ALDORA_PRATAMA_16124004_4988_2018.pdf
Download (7MB)
Abstract
Dasar penelitian ini dilatar belakangi oleh siswa yang mengalami kesulitan dalam menulis narasi dan rendahnya nilai siswa. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penggunaan media film animasi dan pengetahuan awal terhadap keterampilan menulis narasi pada siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 11 Kurao Pagang.
Jenis penelitian adalah quasy eksperiment.Populasi seluruh siswa kelas V dengan jumlah 40 orang.Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling.Data penelitian dikumpulkan menggunakan tes pengetahuan awal dan tes keterampilan menulis narasi. Teknik analisis data yang digunakan berupa uji normalitas, homogenitas, dan hipotesis terhadap aspek yang diteliti.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) keterampilan menulis narasi siswa menggunakan media film animasi lebih tinggi daripada menggunakan media gambar seri dengan nilai thitung =2,486 dan (ttabel = 1,68); (2) keterampilan menulis narasi siswa yang memiliki pengetahuan awal tinggi menggunakan media film animasi lebih tinggi daripada menggunakan media gambar seri dengan nilai thitung= 1,838 dan (ttabel = 1,72);(3) keterampilan menulis narasi pada siswa yang memiliki pengetahuan awal rendah yang menggunakan media film animasi lebih tinggi daripada menggunakan media gambar seri dengan nilai thitung = 1,829 dan (ttabel = 1,72);(4) tidak terdapat interaksi yang signifikan antara pengetahuan awal dan media film animasi terhadap menulis narasi dengan nilai Fhitung =0,345 dan (Ftabel = 4,11).
Berdasarkan penelitian yang dilakukan terdapat pengaruh media film animasi dan pengetahuan awal terhadap keterampilan menulis narasi siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 11 Kurao Pagang. Penelitian yang dilakukan dapat diajukan sebagai dasar pemikiran bahwa media film animasi dan pengetahuan awal dapat meningkatkan keterampilan menulis narasi.
Item Type: | Thesis (Masters/Tesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media Film Animasi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Dasar-S2 |
Depositing User: | Mulida Djamarin S.Sos |
Date Deposited: | 12 Mar 2025 00:43 |
Last Modified: | 12 Mar 2025 00:43 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/3608 |