Kemampuan Mengajar Mahasiswa PPLK Menurut Persepsi Guru Pamong pada Program Keahlian Teknik Bangunan SMK di Kota Padang Tahun Ajaran 2016/2017.

Johannes, Aldo Sepra (2018) Kemampuan Mengajar Mahasiswa PPLK Menurut Persepsi Guru Pamong pada Program Keahlian Teknik Bangunan SMK di Kota Padang Tahun Ajaran 2016/2017. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_01_ALDO_SEPRA_JOHANNES_1202952_392_2018.pdf] Text
B1_01_ALDO_SEPRA_JOHANNES_1202952_392_2018.pdf

Download (6MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah masih ditemukannya berbagai
permasalahan saat mahasiswa melaksanakan PPLK, yang berkaitan dengan
kemampuan mengajar mahasiswa praktikan. Tujuan penelitian ini adalah untuk
mengungkap bagaimana kemampuan mengajar mahasiswa PPLK menurut
persepsi guru pamong pada Program Keahlian Teknik Bangunan SMK di Kota
Padang tahun ajaran 2016/2017.
Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan populasi seluruh
guru pamong di Program Keahlian Teknik Bangunan SMK di Kota Padang
sebanyak 28 guru. Sampel penelitian diambil menggunakan teknik total sampling
atau keseluruhan populasi. Jenis data yang digunakan adalah data primer dan
sekunder. Data primer didapat melalui angket mengenai persepsi guru pamong
terhadap kemampuan mengajar mahasiswa PPLK yang disebarkan kepada guru
pamong yang menjadi sampel, sedangkan data sekunder adalah jumlah guru
pamong yang diperoleh dari Ketua Jurusan Program Keahlian Teknik Bangunan.
Teknik analisis data yang digunakan adalah: (1) Melakukan verifikasi data, (2)
Melakukan klasifikasi dan tabulasi data, (3) Mengolah data dengan menghitung
frekuensi dan nilai rata-rata (mean).
Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kemampuan mengajar
mahasiswa PPLK menurut persepsi guru pamong pada Program Keahlian Teknik
Bangunan SMK di Kota Padang termasuk dalam kategori cukup. Bila dilihat per
indikator, persepsi guru pamong terhadap 3 indikator yaitu kompetensi pedagogik,
kompetensi kepribadian, dan kompetensi profesional berada dalam kategori
cukup, sementara untuk kompetensi sosial berada dalam kategori baik.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Mengajar Mahasiswa
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil-S1
Depositing User: Mulida Djamarin S.Sos
Date Deposited: 12 Mar 2025 00:43
Last Modified: 12 Mar 2025 00:43
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/3606

Actions (login required)

View Item
View Item