Saputra, Aldi (2021) Pengembangan Video dan Lembar Kerja Peserta Didik untuk Topik Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Kelas VIII SMP. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_01_ALDI_SAPUTRA_16029082_3032_2021.pdf [thumbnail of B1_01_ALDI_SAPUTRA_16029082_3032_2021.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_01_ALDI_SAPUTRA_16029082_3032_2021.pdf
Download (3MB)
Abstract
Pada masa pandemi COVID-19 proses pembelajaran dilakukan secara daring (dalam jaringan), sehingga perlu dilakukan inovasi bahan ajar berbasis teknologi yang dapat membantu peserta didik belajar di rumah. Oleh karena itu, dikembangkan video dan lembar kerja peserta didik yang menarik dan mudah dipahami agar peserta didik terlibat aktif dalam proses pembelajaran secara daring. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan video dan lembar kerja peserta didik (LKPD) untuk topik sistem persamaan linear dua variabel (SPLDV) kelas VIII SMP yang memenuhi kriteria valid.
Penelitian ini menggunakan model pengembangan Plomp yang terdiri dari tiga tahap yaitu tahap investigasi awal, tahap pengembangan/pembuatan prototipe dan tahap penilaian. Pada tahap investigasi awal dilakukan analisis kebutuhan, analisis kurikulum, analisis konsep dan analisis peserta didik sehingga diperoleh karakteristik bentuk video dan LKPD yang dikembangkan. Pada tahap pengembangan/pembuatan prototipe dilakukan pembuatan rancangan video LKPD untuk topik SPLDV kelas VIII SMP. Prototipe tersebut harus melalui evaluasi formatif berupa evaluasi sendiri dan evaluasi pakar untuk memperoleh prototipe yang valid.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah video dan LKPD untuk topik SPLDV yang valid dengan tingkat validitas 92,8% (kategori sangat valid).
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan Video dan Lembar Kerja |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika-S1 |
Depositing User: | Mulida Djamarin S.Sos |
Date Deposited: | 11 Mar 2025 07:35 |
Last Modified: | 11 Mar 2025 07:35 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/3594 |