Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams-Achievement Divisions dalam Pembelajaran Matematika di Kelas VII SMPN 25 Padang

Sheila, Pretty (2016) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams-Achievement Divisions dalam Pembelajaran Matematika di Kelas VII SMPN 25 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_01_PRETTY-SHEILA_96833_4654_2016.pdf] Text
B1_01_PRETTY-SHEILA_96833_4654_2016.pdf

Download (5MB)

Abstract

Pada hakekatnya seluruh proses pembelajaran bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui berbagai model dan metode pembelajaran. Di kelas VIISMPN 25 Padang, pada pelajaran matematika, terlihat bahwa siswa senang belajar secara berkelompok, namun pelaksanaannya belum terarah sebagaimana mestinya. Hal ini menyebabkan pemahaman siswa terhadap materi menjadi rendah sehingga dapat disimpulkan proses pembelajaran konvensional yang telah diberikan guru belum cukup mampu meningkatkan hasil belajar matematika siswa. Salah satu cara yang sesuai untuk kondisi ini adalah dengan menerapkan model pembelajaran kooperatiftipe Student Teams-Achievement Divisions (STAD). Penelitian ini bertujuan untuk melihat apakah hasil belajar matematika siswa di kelas VII SMPN 25 Padang dengan diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD lebih baik daripada pembelajaran konvensional.
Jenis penelitian adalah eksperimen semu dengan rancangan Static Group Design. Populasinya adalah seluruh siswa kelas VII SMPN 25 Padang tahun pelajaran 2015/2016, kecuali kelas VII.3 dan VII.4. Sampel yang terpilih adalah kelas VII.6 sebagai kelas eksperimen dan kelas VII.1 sebagai kelas kontrol. Data penelitian difokuskan pada hasil belajar matematika siswa dari ranah kognitif. Instrumen penelitian ini adalah tes hasil belajar matematika siswa. Uji hipotesis dilakukan pada data yang diperoleh dari tes akhir hasil belajar siswa. Pengujian hipotesis ini dilakukan dengan menggunakan Uji-t.
Berdasarkan hasil analisis data diperoleh P-value=0,046 dengan α=0,05. Sementara itu, rata-rata hasil tes akhir siswa kelas eksperimen adalah 78,51 sedangkan rata-rata hasil tes akhir siswa kelas kontrol adalah 70,30. Oleh karena P-value < α, dapat disimpulkan bahwa hasil belajar matematika siswa dengan diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD lebih baik dari hasil belajar matematika siswa dengan pembelajaran konvensional

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: MODEL PEMBELAJARANKOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS-ACHIEVEMENT DIVISIONS
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika-S1
Depositing User: Arlianis Arlianis S.IP
Date Deposited: 11 Mar 2025 07:32
Last Modified: 11 Mar 2025 07:32
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/3588

Actions (login required)

View Item
View Item