Gustari, Popy (2016) Pengaruh Strategi Think Talk Write terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas VII SMPN 13 Padang Tahun Pelajaran 2015/2016. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_01_POPY_GUSTARI_1106234_1669_2016.pdf [thumbnail of B1_01_POPY_GUSTARI_1106234_1669_2016.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_01_POPY_GUSTARI_1106234_1669_2016.pdf
Download (4MB)
Abstract
Kemampuan komunikasi matematis merupakan salah satu tujuan yang harus dikuasai oleh siswa dalam pembelajaran matematika. Namun, temuan di lapangan menunjukkan bahwa kemampuan komunikasi matematis siswa kelas VII SMPN 13 Padang masih rendah. Salah satu upaya yang dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa adalah dengan menerapkan strategi Think, Talk, Write (TTW) dalam proses pembelajaran matematika. Strategi ini diperkenalkan oleh Huinker & Laughlin. Tahapan dari strategi ini adalah berpikir (think), berbicara (talk), dan menulis (write), dimana ketiga tahapan dari TTW tersebut dapat menunjang ketercapaian dari setiap indikator komunikasi dan meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perkembangan kemampuan komunikasi matematis siswa dan untuk mengungkap apakah kemampuan komunikasi matematis siswa yang pembelajarannya menggunakan strategi TTW lebih baik daripada kemampuan komunikasi matematis siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional.
Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan rancangan Static Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII SMPN 13 Padang dengan sampel kelas VII.1 dan VII.3. Data tentang kemampuan komunikasi matematis siswa diperoleh dari hasil posttes. hasil tes dianalisis menggunakan uji t.
Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh kesimpulan bahwa kemampuan komunikasi matematis siswa yang pembelajarannya menerapkan strategi TTW lebih baik daripada kemampuan komunikasi matematis siswa yang pembelajarannya menerapkan pembelajaran konvensional pada kelas VII SMPN 13 Padang untuk taraf nyata �=0,05.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika-S1 |
Depositing User: | Arlianis Arlianis S.IP |
Date Deposited: | 11 Mar 2025 07:13 |
Last Modified: | 11 Mar 2025 07:13 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/3583 |