Zanu, Pebrudal (2016) Analisis Kemampuan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Berbasis PISA Level 5 dan Level 6 pada Konten Space and Shape. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_01_PEBRUDAL_ANU_12515_1558_2016.pdf [thumbnail of B1_01_PEBRUDAL_ANU_12515_1558_2016.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_01_PEBRUDAL_ANU_12515_1558_2016.pdf
Download (8MB)
Abstract
Hasil yang diperoleh Indonesia dalam studi PISA yang telah dilaksanakan sebanyak lima kali belum memuaskan. Hasil yang diperoleh menggambarkan bahwa siswa belum terbiasa menyelesaikan soal-soal yang menuntut penalaran siswa dalam menyelesaikannya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan dan bentuk-bentuk penalaran siswa dalam menyelesaikan soal-soal berbasis PISA level 5 dan 6 pada konten space and shape. Deskripsi yang diperoleh diharapkan dapat dijadikan bahan pertimbangan untuk memberikan latihan soal-soal yang serupa.
Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Data penelitian dikumpulkan melalui tes pada tiga sekolah dengan kategori rendah, sedang dan tinggi. Tes dikembangkan sendiri mengacu pada framework PISA. Sebelum digunakan tes terlebih dahulu divalidasi oleh guru keterbacaannya, dievaluasi melalui evaluasi one-to-one dan kelompok kecil. Data hasil tes kemudian dianalisis secara deskriptif kuantitatif dan kualitatif.
Berdasarkan hasil analisis terhadap data kuantitatif terlihat bahwa kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal berbasis PISA masih jauh dari yang diharapkan baik dilihat dari level soal PISA maupun dari indikator penalaran matematis. Adapun rata-rata persentase siswa dalam menyelesaikan soal berbasis PISA dengan kategori sekolah rendah, sedang dan tinggi dalam menyelesaikan soal berbasis PISA level 5 adalah sebanyak 23,43%. Persentase siswa yang menyelesaikan soal berbasis PISA level 6 sebanyak 10,43%. Ditinjau dari indikator penalaran matematis, banyaknya siswa yang mampu menyelesaikan soal bertipe 1) membuat analogi dan generalisasi adalah 10,82% 2) mengidentifikasi pernyataan dan menentukan cara matematis yang relevan dengan masalah adalah 22,70%, 3) memberikan penjelasan dengan menggunakan model adalah 16,52%, dan 4) membuat pola hubungan antar pernyataan adalah 13,29%. Berdasarkan hasil analisis terlihat bahwa kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal berbasis PISA ditinjau dari level soal dan penalaran matematis masih rendah.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | ANALISIS KEMAMPUAN SISWA |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika-S1 |
Depositing User: | Arlianis Arlianis S.IP |
Date Deposited: | 11 Mar 2025 07:08 |
Last Modified: | 11 Mar 2025 07:08 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/3577 |