Asniati, Asniati (2012) Kontribusi Disiplin Kerja dan Iklim Komunikasi terhadap Kinerja Kepala SD Negeri Kabupaten Solok Selatan. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_1_ASNIATI_19079_6108_2012.pdf [thumbnail of B1_1_ASNIATI_19079_6108_2012.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_1_ASNIATI_19079_6108_2012.pdf
Download (330kB)
Abstract
Berdasarkan pengamatan awal di lapangan terlihat belum optimalnya
kinerja kepala SD Negeri di Kabupaten Solok Selatan. Hal ini dikhawatirkan akan
berdampak pada mutu pendidikan yang akhirnya akan berkontribusi pencapaian
tujuan pendidikan. Peneliti menduga rendahnya kinerja kepala sekolah tersebut
antara lain disebabkan oleh faktor disiplin kerja dan iklim komunikasi. Oleh
karena itu perlu dilakukan penelitian untuk menguji kebenarannya.
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan kontribusi Disiplin Kerja
dan Iklim Komunikasi terhadap Kinerja Kepala SD. Hipotesis yang diuji dalam
penelitian ini adalah : 1) Disiplin kerja berkontribusi terhadap kinerja kepala
sekolah, 2) Iklim komunikasi berkontribusi terhadap kinerja kepala sekolah, 3)
Disiplin kerja dan Iklim komunikasi secara bersama-sama berkontribusi terhadap
Kinerja Kepala Sekolah.
Populasi penelitian ini adalah semua Kepala SD di Kabupaten Solok
Selatan yang berjumlah 138 orang dan sampel penelitian 77 orang diambil dengan
mengunakan teknik stratified proportional random sampling.Data dikumpulkan
dengan
menggunakan kuesioner yang telah teruji kehandalan dan
kesahihannya.Hipotesis pertama dan kedua masing-masing diuji dengan teknik
korelasi dan regresi sederhana, sedangkan hipotesis ketiga dengan teknik korelasi
dan regresi ganda.
Hasil analisis data menunjukan bahwa Disiplin kerja berkontribusi
terhadap kinerja kepala SD sebesar 24,5% dan Iklim komunikasi berkontribusi
terhadap kinerja kepala SD sebesar 5%, serta Disiplin kerja dan Iklim komunikasi
secara bersama-sama berkontribusi terhadap Kinerja Kepala SD sebesar 29,1%.
Di samping itu ditemukan pula bahwa disiplin kerja, iklim komunikasi dan
kinerja kepala sekolah berada pada kategori baik.
Berdasarkan hasil analisis data tersebut di atas, disimpulkan bahwa disiplin
kerja dan iklim komunikasi, adalah dua prediktor yang potensial dalam
peningkatan kinerja kepala SD disamping variabel lain yang tidak diteliti dalam
penelitian ini
Item Type: | Thesis (Masters/Tesis) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Administrasi Pendidikan-S2 |
Depositing User: | Sudia Ajjronisa S.Sos |
Date Deposited: | 11 Mar 2025 06:28 |
Last Modified: | 11 Mar 2025 06:28 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/3559 |