Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa SMA Negeri 01 Rambah Hilir

Asril, Asril (2015) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa SMA Negeri 01 Rambah Hilir. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_1_ASRIL_59893_1953_2015.pdf] Text
B1_1_ASRIL_59893_1953_2015.pdf

Download (944kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan: (1) Perbedaan pengaruh
penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw lebih tinggi daripada
kelompok siswa yang diajar dengan model konvensional terhadap hasil belajar
IPS, (2) Perbedaan pengaruh hasil belajar IPS kelompok siswa yang memiliki
motivasi belajar tinggi yang diajar dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe
Jigsaw lebih tinggi daripada hasil belajar siswa yang memiliki motivasi tinggi
yang diajar dengan model konvensional, (3) Perbedaan pengaruh hasil belajar IPS
kelompok siswa yang memiliki motivasi belajar rendah yang diajar dengan Model
Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw lebih tinggi daripada hasil belajar siswa
yang memiliki motivasi belajar rendah yang diajar dengan model konvensional
dan (4) Interaksi antara model pembelajaran dan motivasi belajar terhadap hasil
belajar IPS siswa.
Penelitian ini quasi eksperimen yang dilaksanakan pada semester dua
tahun ajaran 2012/2013, populasi siswa diambil dari siswa kelas X SMA Negeri
01 Rambah Hilir dengan menggunakan teknik pengambilan sampel secara klaster
acak terpilih kelas XA sebagai kelas eksperimen dan XB sebagai kelas control.
Data dikumpulkan dengan memberikan tes angket motivasi belajar untuk
menentukan siswa dengan motivasi belajar tinggi dan motivasi belajar rendah dan
tes akhir untuk hasil belajar siswa. Hasil tes dianalisis dengan menggunakan uji –t
dan ANAVA.
Hasil analisis data memperlihatkan bahwa: (1) hasil belajar siswa yang
diajar dengan menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw lebih
tinggi dari hasil belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan model
konvensional; (2) hasil belajar siswa yang bermotivasi belajar tinggi yang
diajarkan dengan menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw
lebih tinggi dari hasil belajar siswa yang diajar dengan model konvensional; (3)
hasil belajar siswa yang bermotivasi belajar tinggi yang diajarkan dengan
menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw lebih tinggi dari hasil
belajar siswa yang dajar dengan model konvensional; (4) tidak terdapat interaksi
antara model pembelajaran dan motivasi belajar terhadap hasil belajar IPS siswa.
Dapat disimpulkan bahwa Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw efektif
digunakan untuk meningkatkan hasil pembelajaran siswa dalam mata pelajaran
IPS.

Item Type: Thesis (Masters/Tesis)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Teknologi Pendidikan-S2
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos
Date Deposited: 11 Mar 2025 04:58
Last Modified: 11 Mar 2025 04:58
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/3539

Actions (login required)

View Item
View Item