Heffi, Asrius (2012) Kontribusi Kecerdasan Emosional dan Insentif Terhadap Kepuasan Mengajar Guru SD Negeri di Kecamatan IV Jurai. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_1_ASRIUS_HEFFI_19649_6105_2012.pdf [thumbnail of B1_1_ASRIUS_HEFFI_19649_6105_2012.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_1_ASRIUS_HEFFI_19649_6105_2012.pdf
Download (691kB)
Abstract
Berdasarkan pengamatan kasat mata di lapangan ditemukan bahwa guru
kurang bergairah dalam melaksanakan tugasnya. Hal tersebut diduga karena
adanya faktor kekurangpuasan guru. Kurang puasnya guru di duga karena
dipengaruhi faktor kecerdasan emosionalnya dan insentif. Jika kondisi ini
dibiarkan, dikawatirkan akan berpengaruh terhadap peningkatan mutu pendidikan
di Kecamatan IV Jurai Kabupaten Pesisir Selatan.
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan seberapa besar kontribusi
kecerdasan emosional guru dan insentif terhadap kepuasan mengajar guru SD
Negeri di Kecamatan IV Jurai. Terdapat tiga hipotesis yang diajukan dalam
penelitian ini yaitu Kecerdasan Emosional berkontribusi terhadap kepuasan
mengajar guru, Insentif berkontribusi terhadap kepuasan mengajar guru,
Kecerdasan Emosional dan insentif berkontribusi terhadap kepuasan mengajar
guru
Metoda penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif korelasional
dengan populasi guru SD Negeri di Kecamatan IV Jurai sebanyak 321 dan
sampel penelitian sebanyak 123 orang yang diambil menggunakan teknik
stratified Proportional Random Sampling dengan mempertimbangkan masa kerja
dan strata pendidikan. Instrumen yang digunakan adalah angket yang sudah diuji
kehandalan dan kesahihannya dengan program SPSS versi 16. Data tersebut
kemudian dianalisis menggunakan teknik korelasi dan regresi.
Hasil analisis menunjukkan bahwa (1) Kecerdasan emosional berkontribusi
signifikan terhadap kepuasan mengajar guru sebesar 27,3 % (2) Insentif
berkontribusi signifikan terhadap kepuasan mengajar guru sebesar 17% (3)
kecerdasan emosional dan kepemimpinan secara bersama-sama berkontribusi
signifikan terhadap kepuasan mengajar guru sebesar 38,5%. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa hipotesis dapat diterima secara empiris. Hasil temuan ini
dapat disimpulkan bahwa kecerdasan emosional dan insentif merupakan dua
faktor yang berkontribusi terhadap kepuasan mengajar guru. Oleh karena itu
diharapkan kepada pihak-pihak terkait agar memperhatikan kedua faktor tersebut
agar kepuasan guru dapat meningkat.
Item Type: | Thesis (Masters/Tesis) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Administrasi Pendidikan-S2 |
Depositing User: | Sudia Ajjronisa S.Sos |
Date Deposited: | 11 Mar 2025 04:50 |
Last Modified: | 11 Mar 2025 04:50 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/3535 |