Aswendi, Aswendi (2014) Kontribusi Pengawasan Kepala Sekolah dan Iklim Sekolah terhadap Disiplin Kerja Guru SD Negeri di Kecamatan Mungka Kabupaten Lima Puluh Kota. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_1_ASWENDI_19018_4742_2014.pdf [thumbnail of B1_1_ASWENDI_19018_4742_2014.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_1_ASWENDI_19018_4742_2014.pdf
Download (458kB)
Abstract
Berdasarkan pra survey di lapangan tergambar bahwa disiplin kerja guru
SD Negeri di Kecamatan Mungka masih rendah. Ini terlihat dari kurangnya
ketaatan guru dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya. Hal ini
dikhawatirkan akan berpengaruh terhadap pencapaian tujuan pembelajaran dan
pada akhirnya pada tujuan pendidikan. Selanjutnya, peneliti menduga bahwa
pengawasan kepala sekolah dan iklim sekolah mempengaruhi disiplin kerja guru
SD Negeri Kecamatan Mungka. Oleh karena itu perlu dilakukan penelitian untuk
menguji kebenarannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap kontribusi
pengawasan kepala sekolah dan iklim sekolah terhadap disiplin kerja guru SD
Negeri Kecamatan Mungka . Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah:
(1) Pengawasan kepala sekolah berkontribusi terhadap disiplin kerja guru, (2)
Iklim sekolah berkontribusi terhadap disiplin kerja guru, (3) Pengawasan kepala
sekolah dan iklim sekolah secara bersama-sama berkontribusi terhadap disiplin
kerja guru.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru SD Negeri di Kecamatan
Mungka yang berjumlah 171 orang. Sampel penelitian berjumlah 57 orang yang
diambil dengan teknik Stratified Proportional Random Sampling, dengan
mempertimbangkan strata tingkat pendidikan dan masa kerja. Instrumen
penelitian yang digunakan adalah angket model Skala Likert yang telah teruji
validitas dan reliabilitasnya. Data penelitian dianalisis dengan teknik korelasi dan
regresi.
Hasil analisis data menunjukkan bahwa: (1) Pengawasan kepala sekolah
berkontribusi terhadap disiplin kerja guru sebesar 36,3%, (2) Iklim sekolah
berkontribusi terhadap disiplin kerja guru sebesar 17,6%,(3) Pengawasan kepala
sekolah dan iklim sekolah secara bersama-sama berkontribusi terhadap disiplin
kerja guru sebesar 49,4%. Selanjutnya hasil analisis deskriptif mengungkap bahwa
disiplin kerja guru, pengawasan kepala sekolah, dan iklim sekolah masih berada
pada kategori cukup dengan tingkat ketercapaian skor masing-masingnya sebesar
77,58%, 78,55%, dan 76,90% dari skor ideal.
Temuan di atas mengimplikasikan bahwa pengawasan kepala sekolah dan
iklim sekolah adalah dua faktor yang memiliki pengaruh terhadap disiplin kerja
guru, akan tetapi masih banyak faktor lain yang ikut berpengaruh terhadap disiplin
kerja guru yang tidak dikaji dalam penelitian ini.
Item Type: | Thesis (Masters/Tesis) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Administrasi Pendidikan-S2 |
Depositing User: | Sudia Ajjronisa S.Sos |
Date Deposited: | 11 Mar 2025 04:21 |
Last Modified: | 11 Mar 2025 04:21 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/3523 |