Vista, Aprima (2023) Peningkatan Kemampuan Siswa Menulis Karangan Narasi Menggunakan Model Problem Based Learning (PBL) Berbantuan Gambar Seri di Kelas IV SDN 02 Paladangan Kecamatan Malalak Kabupaten Agam. Diploma/Tugas Akhir thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_01_APRIMA_VISTA_19124041_2839_2023.pdf [thumbnail of B1_01_APRIMA_VISTA_19124041_2839_2023.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_01_APRIMA_VISTA_19124041_2839_2023.pdf
Download (1MB)
Abstract
Kemampuan menulis karangan narasi siswa masih tergolong rendah. Hal inidisebabkan oleh beberapa hal diantaranya guru belum menggunakan media dan model pembelajaran yang cocok, proses pembelajaran masih bersifat teachercentered, serta pembelajaran yang kurang menarik bagi siswa. Tujuan penelitian iniadalah mendeskripsikan peningkatan kemampuan menulis karangan narasi siswa dengan menggunakan model Problem Based Learning (PBL) berbantuan gambarseri di kelas IV SDN 02 Paladangan Kecamatan Malalak Kabupaten Agam. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif atau mix method. Dilaksanakan dalam dua siklus yaitu siklus I dan siklus II. Pada setiap siklus melalui empat tahapyaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian iniadalah guru dan siswa kelas IV SDN 02 Paladangan yang berjumlah 18 orangpeserta didik. Teknik pengumpulan data berupa analisis dokumen, observasi, tes,dan non tes. Instrumen penelitian berupa lemabar penilaian modul ajar, lemabarobservasi, dan rubrik penilaian.Hasil penelitian menunjukkan peningkatan pada: a) modul ajar siklus I82,14% (Baik) dan siklus II 92,85% (Sangat Baik), b) pelaksanaan pada aspek gurusiklus I 75% (Baik) dan siklus II 85% (Baik), sedangkan pelaksanaan pada aspekpeserta didik siklus I 75% (Baik) dan siklus II 85% (Sangat Baik), c) penilaianterhadap peserta didik pada siklus I memperoleh rata-rata 69,1 dan siklus II denganrata-rata 80,1. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model Problem BasedLearning (PBL) berbantuan gambar seri dapat meningkatkan kemampuan menulis karangan narasi siswa di Sekolah Dasar.
Item Type: | Thesis (Diploma/Tugas Akhir) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Karangan Narasi; Problem Based Learning (PBL); Gambar Seri |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Dasar-S2 |
Depositing User: | Wiwi Sartika S.Sos |
Date Deposited: | 30 Jan 2025 02:47 |
Last Modified: | 30 Jan 2025 02:47 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/352 |