Elizawati, Elizawati (2017) Peningkatan Keterampilan Membaca Intensif dan Karakter Siswa Kelas III SDN 57 Air Dingin Kota Padang Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe CIRC. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_01_ELIZAWATI_15124020_1135_2018.pdf [thumbnail of B1_01_ELIZAWATI_15124020_1135_2018.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_01_ELIZAWATI_15124020_1135_2018.pdf
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pembelajaran membaca di
sekolah dasar khususnya membaca intensif. Tujuan penelitian ini adalah untuk peningkatan keterampilan membaca intensif dan karakter siswa dengan menggunakan pembelajaran kooperatif tipe CIRC di kelas III SDN 57 Air Dingin Kota Padang. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. PTK merupakan proses perbaikan pembelajaran. Perancangan penelitian disusun meliputi lokasi penelitian, subjek penelitian, waktu penelitian, siklus dan alur penelitian, refleksi, perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, refleksi. Subjek penelitian guru dan siswa berjumlah 20 orang terdiri 7 perempuan dan 13 laki-laki. Data penelitian diperoleh melalui lembar observasi, catatan lapangan, tes dan, dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis secara
kulitatif dan kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, pelaksanaan tindakan yang dilakukan telah mengatasi masalah secara tuntas dengan melampaui batas KKM 75. Hasil yang dicapai dari 20 orang siswa selama siklus II
setelah dilakukan perbaikan, masing-masingnya adalah pada tahap prabaca dengan rata-rata kelas 84,37%, pada tahap saat baca 78,12%, dan tahap pascabaca 83,12% termasuk kategori sangat baik, sedangkan pembelajaran pada siklus I masing-masingnya hanya mencapai tahap prabaca dengan ratarata kelas 71,87%, pada tahap saat baca 59,37%, dan tahap pascabaca
76,37%. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran kooperatif tipe CIRC dapat meningkatkan keterampilan siswa dalam membaca intensif.
Item Type: | Thesis (Masters/Tesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Membaca Intensif |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Dasar-S2 |
Depositing User: | Nurismen Nurismen S.Sos |
Date Deposited: | 11 Mar 2025 03:36 |
Last Modified: | 11 Mar 2025 03:36 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/3508 |