Pengembangan Model Pembelajaran Blended Learning pada Matakuliah Teknik Informasi Kesehatan

Amril, Amril (2019) Pengembangan Model Pembelajaran Blended Learning pada Matakuliah Teknik Informasi Kesehatan. Doctoral/Disertasi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_1_AMRIL_1204369_103_2020.pdf] Text
B1_1_AMRIL_1204369_103_2020.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penulisan disertasi ini berawal dari studi pendahuluan bahwa kenyataan
dilapangan menunjukkan dosen belum optimal memanfaatkan teknologi informasi
dalam kegiatan pembelajaran. Fasilitas teknologi informasi yang disediakan
institusi belum sepenuhnya digunakan dosen dalam bentuk pembelajaran daring.
Kondisi ini menyebabkan mahasiswa tidak bersemangat mengikuti perkuliahan
yang menyebabkan rendahnya hasil belajar mahasiswa pada matakuliah teknik
informasi kesehatan. Tujuan penulisan disertasi ini adalah menghasilkan model
pembelajaran blended learning pada matakuliah teknik informasi kesehatan yang
valid, praktis dan efektif. Desain penelitian adalah Research and Development
dengan menggunakan model ADDIE. Teknik pengumpulan data berupa angket,
wawancara dan tes. Data dianalisis dengan menggunakan data kuantitatif dan
kualitatif sehingga diperoleh model pembelajaran blended learning dan perangkat
pembelajaran. Produk diuji validitasnya oleh pakar, uji praktikalitas oleh dosen
dan mahasiswa dan uji efektifitas melalui hasil belajar mahasiswa. Hasil
pengembangan terdiri dari (1) buku model pembelajaran blended learning, (2)
Buku Materi, (3) Buku Pratikum Mahasiswa, (4) Website/e-learning yang
terstruktur dengan baik, yang valid, praktis. Model pembelajaran blended learning
dapat mengatasi rendah hasil belajar mahasiswa yang disebabkan kurangnya
pemanfaatan teknologi oleh dosen dalam melaksanakan proses pembelajaran.
Model pembelajaran blended learning dapat membantu mahasiswa dalam
mengkonstruksi pembelajaran sehingga memiliki kemampuan menjadi mahasiswa
yang mandiri. Diharapkan model ini dapat menjadi standar dari pemanfaatan
teknologi dalam proses pembelajaran

Item Type: Thesis (Doctoral/Disertasi)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Blended Learning
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Ilmu Pendidikan-S3
Depositing User: Melinda Febrianti S.IP
Date Deposited: 11 Mar 2025 03:35
Last Modified: 11 Mar 2025 03:35
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/3505

Actions (login required)

View Item
View Item