Putri, Atika (2021) Pengaruh Model Cooperative Learning Tipe Picture and Picture dan Motivasi terhadap Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_1_ATIKA_PUTRI_19124004_4864_2022.pdf [thumbnail of B1_1_ATIKA_PUTRI_19124004_4864_2022.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_1_ATIKA_PUTRI_19124004_4864_2022.pdf
Download (3MB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih rendahnya hasil belajar siswa kelas
IV pada pembelajaran tematik. Banyak faktor yang mempengaruhi hasil belajar siswa
salah satunya kurangnya penggunaan model pembelajaran dalam proses
pembelajaran, sehingga siswa kurang termotivasi dalam mengikuti pembelajaran
yang berdampak pada rendahnya hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk
menganalisis (1) Pengaruh model Cooperative Learning Tipe Picture and Picture
terhadap hasil belajar Pembelajaran Tematik siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri
Wilayah I Kecamatan Batang Anai Kabupaten Padang Pariaman. (2) Pengaruh
Motivasi terhadap hasil belajar siswa Pembelajaran Tematik siswa kelas IV Sekolah
Dasar Negeri Wilayah I Kecamatan Batang Anai Kabupaten Padang Pariaman. (3)
Pengaruh model Cooperative Learning Tipe Picture and Picture dan motivasi
terhadap hasil belajar pembelajaran tematik siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri
Wilayah I Kecamatan Batang Anai Kabupaten Padang Pariaman.
Jenis
penelitian ini adalah penelitian eksperimental semu (Quasi
Experimental Research). Desain penelitian yang digunakan eksperimen dengan
desain pretest-posttest control group design menggunakan dua kelas yaitu kelas
eksperimen dan kelas kontrol yang penelitian dilaksanakan di SD Negeri Wilayah I
Kecamatan Batang Anai Kabupaten Padang Pariaman pada semester I Tahun
Pelajaran 2020/2021 dengan tema 5 Pahlahwanku Subtema 3 Sikap Kepahlawanan.
Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini adalah Cluster Random Sampling.
Langkah penelitian ini ada beberapa tahap yaitu: tahap praeksperimen, tahap
eksperimen dan tahap pascaeksperimen. Instrumen yang digunakan berupa
pengumpulan data dilakukan melalui dokumentasi seperti data hasil belajar, jumlah
dan daftar siswa dan proses pembelajaran yang pernah dilakukan, tes hasil belajar dan
angket (kuesioner) untuk mengukur variabel pembelajaran Cooperative tipe Picture
and Picture, dan motivasi siswa.
Hasil penelitian diperoleh (1) Ada pengaruh yang signifikan model picture
and picture (X1) terhadap hasil belajar (Y) tematik terbukti diperoleh nilai thitung
sebesar (5.687) > ttabel (1.71387) dan nilai sig. 0.000 < (α = 0,05). (2) Ada
pengaruh motivasi belajar (X2) terhadap hasil belajar (Y) terbukti diperoleh nilai
thitung (3.325) > ttabel (1.71387) dan nilai sig. 0.001. (3) Ada pengaruh model picture
and picture (X1) dan motivasi belajar (X2) terhadap hasil belajar (Y) terbukti
diperoleh nilai F
hitung (32.066) > Ftabel (3.97). dan nilai probabilitas (sig) =
0,000. Kesimpulan model pembelajarna Cooperative Learning Tipe Picture and
Picture (X1), dan motivasi (X2) berpengaruh terhadap hasil belajar pembelajaran
tematik siswa kelas IV SDN Wilayah I Kecamatan Batang Anai Kabupaten
Padang Pariaman. (Y).
Item Type: | Thesis (Masters/Tesis) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Dasar-S2 |
Depositing User: | Sudia Ajjronisa S.Sos |
Date Deposited: | 11 Mar 2025 03:22 |
Last Modified: | 11 Mar 2025 03:22 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/3500 |