Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran IPS dengan Pendekatan Kooperatif Group Investigation (GI) di Kelas V SDN SDN 10 Kec. V Koto Kampung Dalam Kab. Padang Pariaman

Febriana, Elisa (2015) Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran IPS dengan Pendekatan Kooperatif Group Investigation (GI) di Kelas V SDN SDN 10 Kec. V Koto Kampung Dalam Kab. Padang Pariaman. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_01_ELISA_FEBRIANA_56691_5813_2017.pdf] Text
B1_01_ELISA_FEBRIANA_56691_5813_2017.pdf

Download (542kB)

Abstract

Penelitian dilatarbelakangi oleh pembelajaran yang didominasi oleh guru, hal ini mengakibatkan seringkali siswa kurang antusias mengikuti pembelajaran, siswa kurang berani dalam mengemukakan pendapat, siswa kurang memiliki tanggung jawab terhadap tugas yang diberikan guru, serta masih kurangnya kerjasama antarsiswa dalam pembelajaran. Untuk mengatasinya diperlukan pembelajaran yang menarik dan bervariasi, salah satunya adalah pembelajaran dengan menggunakan pendekatan kooperatif group Investigation (GI). Penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan, dan peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS dengan menggunakan Pendekatan kooperatif group Investigation (GI) Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif yang dilakukan dengan 2 siklus 4 kali pertemuan. Data penelitian berupa informasi tentang proses dan hasil tindakan yang diperoleh dari hasil pengamatan setiap tindakan dalam pembelajaran IPS, Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas V SD terteliti.
Prosedur penelitian ada empat tahap yaitu : tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap pengamatan, dan tahap refleksi. Hasil analisis terhadap perencanaan pembelajaran siklus I adalah 87,46, mengalami peningkatan pada siklus II dengan perolehan 98,21. Hasil pengamatan terhadap pelaksanaan pembelajaran kegiatan guru siklus I diperoleh 74,98 mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 97,73. Hasil pengamatan terhadap pelaksanaan kegiatan siswa siklus I diperoleh 72,72 mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 97,73. Hasil belajar sebelum melaksanakan penelitian rata-rata diperoleh 60. Hasil penilaian terdapat hasil belajar IPS siswa pada siklus I ratarata yang diperoleh 60,23. Pada siklus II rata-rata adalah 86,74. Jadi hasil belajar IPS dari sebelum melaksanakan penelitian sampai siklus I ke siklus II sudah terlihat meningkat. Dengan demikian dapat disimpulkan pembelajaran IPS melalui
pendekatan kooperatif group investigation dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Metode Pembelajaran
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Nurismen Nurismen S.Sos
Date Deposited: 11 Mar 2025 03:35
Last Modified: 11 Mar 2025 03:35
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/3499

Actions (login required)

View Item
View Item