Hadi, Akmal (2018) Kontribusi Cara Belajar Matematika Terhadap Hasil Belajar Mata Kuliah Analisis Matematika Mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan Jurusan Teknik Sipil FT-UNP. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_01_AKMAL_HADI_1302270_943_2018.pdf [thumbnail of B1_01_AKMAL_HADI_1302270_943_2018.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_01_AKMAL_HADI_1302270_943_2018.pdf
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kontribusi cara belajar
matematika terhadap hasil belajar mata kuliah Analisis Matematika dan
mengetahui seberapa besar kontribusi cara belajar matematika terhadap hasil
belajar mata kuliah Analisis Matematika mahasiswa Program Studi Pendidikan
Teknik Bangunan Jurusan Teknik Sipil FT-UNP.
Jenis penelitian ini adalah deskriptif korelasional. Sampel penelitian
berjumlah 62 mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan angkatan
2017. Instrumen yang digunakan adalah angket untuk mengukur variabel cara
belajar matematika. Uji coba angket cara belajar matematika diperoleh 31 item
pernyataan valid dengan reliablitas 0,892.
Hasil penelitian menunjukkaan bahwa terdapat kontribusi cara belajar
matematika terhadap hasil belajar mata kuliah Analisis Matematika mahasiswa
Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan Jurusan Teknik Sipil FT-UNP. Hasil
uji korelasi didapat rhitung sebesar 0,408 > rtabel 0,250 pada taraf signifikansi α 5%,
pada uji signifikan didapat thitung sebesar 3,462 > ttabel 1,66980, dan pada uji
koefisien determinasi diperoleh nilai KP sebesar 16,64%. Jadi dapat disimpulkan
bahwa terdapat kontribusi cara belajar matematika terhadap hasil belajar mata
kuliah Analisis Matematika mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknik
Bangunan Jurusan Teknik Sipil FT-UNP sebesar 16,64%.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Cara Belajar Matematika |
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Teknik > Teknik Sipil-S1 |
Depositing User: | Mulida Djamarin S.Sos |
Date Deposited: | 11 Mar 2025 03:22 |
Last Modified: | 11 Mar 2025 03:22 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/3490 |