Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division Terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas X SMAN 1 Batipuh

Hikmi, Nurul (2016) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division Terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas X SMAN 1 Batipuh. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_01_NURUL_HIKMI_1201229_4420_2016.pdf] Text
B1_01_NURUL_HIKMI_1201229_4420_2016.pdf

Download (6MB)

Abstract

Pemahaman konsep matematika merupakan salah satu tujuan yang harus dicapai pada pembelajaran matematika, namun temuan di lapangan menunjukkan bahwa pemahaman konsep matematika siswa kelas X SMAN 1 Batipuh masih rendah. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan pemahaman konsep matematika adalah dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pemahaman konsep matematika siswa kelas X SMAN 1 Batipuh dengan pembelajaran kooperatif tipe STAD lebih baik dari pada pemahaman konsep matematika siswa dengan pembelajaran konvensional dan untuk melihat bagaimana perkembangan pemahaman konsep matematika siswa selama diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD.
Jenis penelitian ini adalah kuasi eksperimen dan deskriptif dengan rancangan Static Group Design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X SMAN 1 Batipuh tahun pelajaran 2015/2016. Penarikan sampel dilakukan dengan teknik random sampling dan sampel yang terpilih adalah kelas X1 sebagai kelas eksperimen dan X2 sebagai kelas kontrol. Data tes akhir dianalisis menggunakan uji t. Data perkembangan pemahaman konsep matematika siswa dianalisis menggunakan rata-rata kuis, presentase ketuntasan kuis dan pencapaian indikator pemahaman konsep pada kuis.
Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh kesimpulan bahwa pemahaman konsep matematika siswa kelas X SMAN 1 Batipuh dengan pembelajaran kooperatif tipe STAD lebih baik dari pada pemahaman konsep matematika siswa dengan pembelajaran konvensional untuk taraf nyata �=0,05 dan pemahaman konsep matematika siswa mengalami peningkatan selama diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD.

Item Type: Thesis (Masters/Tesis)
Uncontrolled Keywords: PEMBELAJARAN KOOPERATIF
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika-S1
Depositing User: Arlianis Arlianis S.IP
Date Deposited: 11 Mar 2025 03:22
Last Modified: 11 Mar 2025 03:22
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/3487

Actions (login required)

View Item
View Item