Nengsi, Ayu Rahma (2012) Pengembangan Tes Objektif Bentuk Pilihan Ganda untuk Evaluasi Hasil Belajar Geografi Siswa Kelas XI Semester II di SMAN 2x11 Enam Lingkungan. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_1_AYU_RAHMA_NENGSI_19161_6217_2012.pdf [thumbnail of B1_1_AYU_RAHMA_NENGSI_19161_6217_2012.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_1_AYU_RAHMA_NENGSI_19161_6217_2012.pdf
Download (389kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan tes objektif bentuk pilihan
ganda yang valid dan reliabel, serta praktis untuk digunakan oleh pelaku evaluasi
(guru) maupun oleh objek sasaran evaluasi (siswa), untuk mengukur hasil belajar
Geografi siswa kelas XI semester II.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian dan
pengembangan (research and development) yaitu metode penelitian yang
digunakan untuk menghasilkan produk tertentu dan menguji keefektifan produk
tersebut (Sugiyono, 2010:297). Subjek ujicoba dalam penelitian ini adalah semua
siswa jurusan IPS di SMAN 1 2x11 Enam Lingkung. Dalam penelitian ini ujicoba
produk dilakukan secara terbatas pada 1 lokal dengan jumlah siswa 38 orang. Data
penelitian diperoleh dalam bentuk kuantitatif, dan dikumpulkan melalui lembar
validasi pakar dan angket praktikalitas oleh guru dan siswa. Teknik analisis data
menggunakan analisis butir tes, uji validitas tes, uji relibilitas tes, dan uji
praktikalitas tes
Hasil penelitian menunjukkan bahwa tes objektif bentuk pilihan ganda yang
dikembangkan menurut validasi pakar sangat valid dengan rata-rata 3.52, tentunya
dengan beberapa perbaikan. Analisis validitas tes dengan analisis faktor
menunjukkan bahwa tes bentuk pilihan ganda yang dikembangkan ini, valid dan
memiliki konstruk yang kuat, karena koefisien korelasi ke empat faktor yang
dihitung memiliki nilai koefisien korelasi 0.90, 0.86, 0.58 dan 0.94 diatas nilai r
Tabel (0.320). Tes bentuk pilihan ganda yang dikembangkan ini juga reliabel atau
hasil pengukurannya terpercaya dengan nilai koefisien 0.896 dan memiliki error
standar pengukuran yang kecil yaitu 2.82 yang menunjukkan hasil pengukuran
dari tes ini cermat. Tes bentuk pilihan ganda ini secara umum bersifat sangat
praktis untuk digunakan, dengan nilai praktikalitas oleh responden guru 78.93%
dan nilai praktikalitas oleh responden siswa 82.37%.
Berdasarkan hasil temuan penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa tes
objektif bentuk pilihan ganda yang dikembangkan ini merupakan instrumen tes
yang valid, reliabel, dan praktis digunakan untuk mengukur hasil belajar Geografi
siswa kelas XI semester II.
Item Type: | Thesis (Masters/Tesis) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Teknologi Pendidikan-S2 |
Depositing User: | Sudia Ajjronisa S.Sos |
Date Deposited: | 11 Mar 2025 02:32 |
Last Modified: | 11 Mar 2025 02:32 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/3479 |