Pengaruh Kualitas Layanan terhadap Tingkat Kepuasan Masyarakat pada Program Budayakan Arsip Keluarga menjadi Dokumen Berharga(BASIKAMEH) Di Dinas Perpustakaan Dan Kearsipan Kota Solok Provinsi Sumatera Barat

Giska, Endah Fauziah and Nabila, Jeihan (2024) Pengaruh Kualitas Layanan terhadap Tingkat Kepuasan Masyarakat pada Program Budayakan Arsip Keluarga menjadi Dokumen Berharga(BASIKAMEH) Di Dinas Perpustakaan Dan Kearsipan Kota Solok Provinsi Sumatera Barat. WISSEN: Jurnal Ilmu Sosial dan Humaniora, 2 (1). pp. 190-202. ISSN 3032-2413

[thumbnail of Buk Jehan 3.pdf] Text
Buk Jehan 3.pdf

Download (960kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan (1) kualitas layanan pada program BASIKAMEH, (2) tingkat kepuasan masyarakat Kota Solok, (3) pengaruh kualitas layanan program BASIKAMEH terhadap tingkat kepuasan masyarakat Kota Solok. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode deskriptif. Penelitian ini mengambil 57 orang responden yang merupakan peserta pada program BASIKAMEH. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan simple random sampling dengan menggunakan rumus Slovin. Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah observasi, kuesioner (angket), dan juga wawancara tidak terstruktur. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel kualitas layanan mendapatkan nilai rata-rata 3,19 yang masuk pada kategori “Baik”. Maka dapat dikatakan bahwa kualitas layanan pada program BASIKAMEH sudah baik selama pelaksanaannya. Pada variabel kepuasan masyarakat mendapatkan nilai rata-rata 3,25 yang masuk pada kategori “Sangat Puas”. Maka dapat dikatakan bahwa kepuasan masyarakat pada program BASIKAMEH sudah sangat memuaskan bagi masyarakat. Berdasarkan analisis hasil kuesioner, kualitas layanan program BASIKAMEH di Kota Solok Sumatera Barat berpengaruh terhadap kepuasan masyarakat di Kota Solok. Hal ini sesuai dengan adanya hasil koefisien korelasi sebesar 0,369 yang tergolong dalam korelasi lemah. Hubungan antar variabel X dan Y bersifat positif, hal ini menandakan bahwa semakin tinggi kualitas layanan yang diberikan maka tingkat kepuasan akan meningkat pula, begitu pula sebaliknya.

Item Type: Article
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HM Sociology
H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman
Depositing User: Perpustakaan dan Penerbitan UNP
Date Deposited: 23 Dec 2025 14:38
Last Modified: 23 Dec 2025 14:38
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/34720

Actions (login required)

View Item
View Item