Rosa, Fimella (2011) Evaluasi Kinerja Guru Geografi yang telah Lulus Sertifikasi di SMA Negeri Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
final_B1_FIMELLA_ROSA_79380_1342_2011.pdf
Download (675kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data, informasi dan gambaranmengenai Kinerja Guru Geografi yang telah Lulus Sertifikasi di SMA NegeriKota PadangJenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan metodewawancara. Dalam pengambilan sampel (subjek penelitian) digunakan teknik totalsampling yaitu seluruh populasi dijadikan sampel. Sampel penelitian ini adalahseluruh guru geografi yang telah lulus geografi di SMA Negeri Kota Padang.Jumlah guru yang menjadi subjek penelitian adalah 25 orang. Kegiatanwawancara dilakukan dengan bantuan panduan wawancara, pengamatan danangketSetelah analisis data dilakukan, diperoleh hasil bahwa kinerja gurugeografi yang telah lulus sertifikasi di SMA Negeri Kota Padang diantaranya:1) Pemenuhan kewajiban tatap muka guru geografi yang telah lulus sertifikasi dikota Padang sebagai berikut: 2 orang memenuhi kewajiban 24 jam/minggu tatapmuka, 16 orang guru melakukan team teaching dalam pembelajaran geografi, 3orang guru geografi menjabat sebagai kepala sekolah/wakil kepala sekolah dan 4orang lagi dengan cara ikut serta dalam kegiatan pengembangan diri danpengelolaan sekolah, 2) Guru belum mampu mengembangkan RPP sesuai denganPermen No. 41 tentang Standar Proses Pembelajaran Untuk Satuan PendidikanDasar Dan Menengah, 3) Pelaksanaan proses belajar mengajar oleh guru yangtelah lulus sertifikasi umumnya sudah baik, memakai metoda yang bervariasi,tetapi masih ada guru yang menggunakan metode ceramah (teacher oriented),berarti guru telah berpedoman kepada standar proses pelaksanaan pembelajaransesuai dengan tentang Permen No. 41 tentang Standar Proses Pembelajaran UntukSatuan Pendidikan Dasar Dan Menengah dan 4) kemampuan guru melaksanakanevaluasi pembelajaran pembelajaran geografi ditemukan bahwa kemampuan guruumumnya belum baik, karena soal belum mengacu kepada aspek kognitif,psikomotor dan afektif. Kebanyakan guru melakukan penilaian berbasis kelas,sedangkan penilaian portofolio jarang dilakukan.
| Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Kinerja Guru, Evaluasi Kinerja |
| Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LA History of education L Education > LC Special aspects of education |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi-S1 |
| Depositing User: | Mutia Farida S.Sos |
| Date Deposited: | 24 Dec 2025 07:49 |
| Last Modified: | 24 Dec 2025 07:49 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/34688 |
