Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Materi Listrik Dinamis Siswa Kelas X 3 SMA N 1 Sijunjung Berbantuanan K-W-L Chart melalui Pendekatan Inkuiri

Yenti, Sri Refni (2011) Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Materi Listrik Dinamis Siswa Kelas X 3 SMA N 1 Sijunjung Berbantuanan K-W-L Chart melalui Pendekatan Inkuiri. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_3_SRI_REFNI_YENTI_52037_3637_2012.pdf] Text
final_3_SRI_REFNI_YENTI_52037_3637_2012.pdf

Download (191kB)

Abstract

Penelitian ini bertolak dari rendahnya aktivitas dan hasil belajar fisika siswa kelas X3 SMA N 1 Sijunjung. Untuk itu perlu dilakukan upaya peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa melalui pembelajaran berbantuan K-W-L chart melalui pendekatan inkuiri. Pembelajaran berbantuan K-W-L chart melalui pendekatan inkuiri diharapkan dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar fisika siswa. Alasan penggunaan K-W-L chart melalui pendekatan inkuiri dalam pembelajaran adalah siswa dapat mengorganisasi pengetahuan awal yang dimilikinya melakukan brainstroming dengan pengetahuan yang ingin dipelajarinya serta menemukan pengetahuan tersebut melalui kegiatan-kegiatan inkuiri. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian dilakukan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari tahap Perencanaan (Planing), Tindakan (Acting), Pengamatan (Observing), dan Refleksi (Reflecting). Subjek penelitian adalah siswa kelas X3 SMA Negeri 1 Sijunjung tahun pelajaran 2010/2011. Data dalam penelitian ini adalah data aktivitas dan hasil belajar fisika siswa. Instrumen dalam penelitian ini adalah lembar observasi, tes hasil belajar, angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif untuk melihat peningkatan aktivitas dan hasil belajar fisika siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan aktivitas belajar siswa dari siklus I ke siklus II, seperti peningkatan aktivitas siswa dalam bekerja sendiri mengisi K-W-L chart, merumuskan masalah, membuat hipotesis, mengumpulkan data, melakukan eksperimen, bertanya, memberi ide, mendengar ide dari teman, mengerjakan soal latihan, menarik kesimpulan sendiri, mencatat kesimpulan. Hasil ini konsisten dengan peningkatan ketuntasan hasil belajar siswa dari 70,83% pada siklus I menjadi 91,7% pada siklus II. Kesimpulan dari penelitian adalah bahwa pembelajaran berbantuan K-W-L chart melalui pendekatan inkuiri dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar fisika siswa kelas X3 SMA Negeri 1 Sijunjung.

Item Type: Thesis (Masters/Tesis)
Uncontrolled Keywords: hasil belajar materi listrik dinamis
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QC Physics
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Teknologi Pendidikan-S2
Depositing User: Fitri Yelli S.Sos
Date Deposited: 25 Dec 2025 13:45
Last Modified: 25 Dec 2025 13:45
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/34671

Actions (login required)

View Item
View Item