Sangrila, Ayu (2021) Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Problem Based Learning Pada Materi Persamaan Dan Fungsi Kuadrat Untuk Peserta Didik Kelas IX SMP. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_01_Ayu_Sangrila_17029087_1980_2022.pdf [thumbnail of B1_01_Ayu_Sangrila_17029087_1980_2022.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_01_Ayu_Sangrila_17029087_1980_2022.pdf
Download (7MB)
Abstract
Berdasarkan kurikulum 2013 iproses ipembelajaran berpusatipada peserta didik atau yang dikenal dengano Student Center dan pendidik hanya berperan sebagai fasilitas. Penggunaan bahan ajar dapat mengaktifkan peserta didik dan membantu mencapai tujuan pembelajaran. Salah satu bahan ajar yang dapat digunakan adalah Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD). Akan tetapi, pada investigasi awal yang telah dilakukan, diperoleh informasi bahwa LKPD yang digunakan kurang mampu membantu peserta didik untuk memecahkan masalah
kontekstual dan mengkonstruksi pengetahuannya sendiri. Oleh karena itu, dilakukan penelitian ini yang bertujuan untuk mengembangkan LKPD berbasis Problem Based Learning (PBL) pada materi persamaan dan fungsi kuadrat.
Penelitian ini dikategorikan sebagai penelitian R&D dan menggunakan model Plomp, dimana modelbPlomp memilkik 3 tahapi yaitu tahap investigasi awal (ipreliminary researchh),jtahap pengembangantatau pembuatantprototype
(ddevelopment ior prototypingt rphase), dant ktahap ypenilaian ( assesmentt phasei). Pada investigasi awal dilakukan analisis kebutuhan, analisis peserta didik,
analisis kurikulum , dan analisis konsep. Pada tahap pengembangan dan pembuatan prototype, dilakukan pembuatan LKPD berbasis PBL pada materi persamaan dan fungsi kuadrat. Setelah itu dilakukan evaluasi formatif terhadap LKPD berbasis PBL pada materi persamaan dan fungsi kuadrat yang telah dibuat yang terdiri dari self evaluation, expert review, one-to-one evaluation, dan small group evaluation.
Berdasarkan uji validitas yang telah dilakukan pada LKPD berbasis PBL pada materi persamaan dan fungsi kuadrat aspek penyajian, kelayakan isi, kebahasaan dan kegrafikan , diperoleh tingkat kevalidan sebesar 89,27% dengan kategori sangat valid. Kemudian pada uji kepraktisan LKPD berbasis PBL pada materi persamaan dan fungsi kuadrat aspek kemudahan, efisiensi waktu, daya tarik, dan kemafaatan,
diperoleh tingkat kepraktisan sebesar 89,37% dengan kategori sangat praktis. Jadi, dapat disimpulkan bahwa LKPD berbasis PBL pada materi persamaan dan fungsi kuadrat valid dan praktis.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | PROBLEM BASED LEARNING |
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika-S1 |
Depositing User: | Ridha Prima Adri S.Sos |
Date Deposited: | 10 Mar 2025 07:36 |
Last Modified: | 10 Mar 2025 07:36 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/3461 |