Meningkatkan Kompetensi Fisika Siswa Dengan Menggunakan Model Inkuiri Tipe Kelompok Aplikasi Berbantuan LKS Kelas X-1 SMA Negeri 1 Angkola Selatan

Marisa, Ramlah (2013) Meningkatkan Kompetensi Fisika Siswa Dengan Menggunakan Model Inkuiri Tipe Kelompok Aplikasi Berbantuan LKS Kelas X-1 SMA Negeri 1 Angkola Selatan. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_3_RAMLAH_MARISA_19900_1888_2013.pdf] Text
final_3_RAMLAH_MARISA_19900_1888_2013.pdf

Download (292kB)

Abstract

Proses pembelajaran dan kompetensi fisika di SMA Negeri 1 Angkola
Selatan masih rendah, ini dilihat dari aspek afektif,kognitif maupun
psikomotor.Pengalaman peneliti dilapangan, siswa kurang mampu menemukan
masalah yang diberikan guru pada saat pembelajaran berlangsung. Siswa jarang
dilibatkan dalam proses pembelajaran, siswa banyak yang duduk pasif, mencatat
dan mendengarkan. Hal ini dise4babkan kurang tepatnya model pembelajaran
yang digunakan.Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan proses pembelajaran
dan kompetensi fisika siswa melalui model Inkuiri tipe kelompok aplikasi
berbantuan LKS.
Penelitian dilaksanakan dengan metode penelitian tindakan kelas pada
siswa SMA Negeri 1 Angkola Selatan kelas X-1 yang berjumlah 30
orang.Penelitian ini dilaksanakan dalam 3 siklus pembelajaran. Peningkatan hasil
tes kognitif pada siklus I ditinjau dari persentase siswa yang mencapai KKM 60
dari tiap indicator adalah pengetahuan 6,5%, pemahaman 4,5%, penerapan 8,0%,
analisis 9,5% dan analisis 14,0%.
Hasil penilaian aspek psikomotor menunjukkan kateghori cukup pada
siklus I meningkat menjadi kategori baik pada siklus II dan siklus III. Hasil
penilaian afektif pada siklus I menunjukkan kategori cukup, meningkat menjadi
kategori baik pada siklus II dan siklus III menunjukkan kategori baik sesuai
dengan criteria yang telah ditetapkan yakni 61%-80%.Kemudian untuk
kegiatanguru dilihat dari lembar observasi kegiatan guru menunjukkan
peningkatandari kategori sedang pada siklus I dan siklus II menjadi kategori baik
pada siklus III. Kesan dan tanggapan guru melalui wawancara menyatakan bahwa
dengan menerapkan model Inkuiri kondisi kelas menjadi lebih aktif, siswa
menjadi berani bertanya dan mengungkapkan pendapatnya. Sedangkan kesan dan
tanggapan siswa menyatakan bahwa kegiatan belajar jadi lebih menyenangkan.
Dari siklus I, II dan III maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model inkuiri
tipe kelompok aplikasi berbantuan LKS dapat meningkatkan proses belajar dan
kompetensi fisika siswa di SMA N 1 Angkola Selatan.

Item Type: Thesis (Masters/Tesis)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QC Physics
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Teknologi Pendidikan-S2
Depositing User: Sri Yulianti S.IP
Date Deposited: 27 Dec 2025 14:21
Last Modified: 27 Dec 2025 14:21
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/34567

Actions (login required)

View Item
View Item