Fitri, Ramadhani (2014) Pengaruh Penerapan Pembelajaran Kontekstual dengan Strategi REACT terhadap Peningkatan Pemahaman Konsep dan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas VIII SMP Negeri Kecamatan Junjung Sirih. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.
final_3_RAMADHANI_FITRI_1203767_5179_2014.pdf
Download (512kB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi dari analisis hasil observasi, wawancara, dan tes kemampuan matematis yang dilaksanakan di SMPN Kecamatan Junjung Sirih. Tes kemampuan matematis yang diberikan kepada siswa meliputi soal pemahaman konsep dan komunikasi matematis. Jawaban siswa menunjukkan bahwa pemahaman konsep dan kemampuan komunikasi matematis siswa masih rendah. Untuk mengatasi masalah tersebut diterapkan pembelajaran kontekstual dengan strategi REACT. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh strategi REACT terhadap peningkatan pemahaman konsep dan kemampuan komunikasi matematika siswa kelas VIII SMP Negeri Kecamatan Junjung Sirih. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri Kecamatan Junjung Sirih yang terdaftar pada TP. 2013/2014. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Random Sampling. Sampel dalam penelitian ini yaitu siswa kelas VIII B dan VIII D SMP Negeri 1 Junjung Sirih sebagai kelas eksperimen dan kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah tes yang terdiri dari tes kemampuan awal untuk melihat kemampuan awal siswa (tinggi, sedang, dan rendah), Pre-test dan Posttest untuk melihat peningkatan pemahaman konsep dan kemampuan komunikasi matematis siswa. Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji t dan uji u. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh beberapa kesimpulan. Pertama, peningkatan pemahaman konsep dan kemampuan komunikasi matematis siswa yang menggunakan pembelajaran strategi REACT lebih baik daripada yang menggunakan pembelajaran konvensional, kedua, peningkatan pemahaman konsep dan kemampuan komunikasi matematis siswa berkemampuan awal tinggi, sedang, dan rendah yang menggunakan pembelajaran strategi REACT lebih baik daripada siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional, ketiga, tidak terdapat interaksi antara strategi pembelajaran dan kemampuan awal siswa dalam mempengaruhi peningkatan pemahaman konsep dan kemampuan komunikasi matematis.
| Item Type: | Thesis (Masters/Tesis) |
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > QA Mathematics |
| Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Teknologi Pendidikan-S2 |
| Depositing User: | Sri Yulianti S.IP |
| Date Deposited: | 25 Dec 2025 05:46 |
| Last Modified: | 25 Dec 2025 05:46 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/34565 |
