Fitri, Rahmi (2016) Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berpratikum Berbasis Problem Based Learning Berbantuan Alat Tara Kalor Digital Untuk Meningkatkan Kompetensi Peserta Didik Pada Pembelajaran Fisika SMA Kelas X Materi Suhu dan Kalor. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.
final_3_RAHMI_FITRI_14175026_6524_2016.pdf
Download (2MB)
Abstract
Tujuan Pendidikan dapat dicapai dengan cara mengembangkan kurikulum
pada semua jenjang dan jenis pendidikan. Pendidikan adalah suatu proses
terencana untuk mengembangkan minat dan seluruh potensi yang dimiliki peserta
didik. Pendidikan berperan penting dalam meningkatkan kualitas SDM yang
handal dan tangguh dalam berbagai kondisi. untuk dapat mempersiapkan anak
bangsa yang mempunyai daya saing dan mampu berkompetisi secara global, maka
diperlukan kualitas pendidikan yang bermutu. Kualitas pendidikan yang bermutu
ditentukan oleh kualitas pembelajaran yang bermutu. Salah satu pembelajaran
tersebut adalah pembelajaran fisika. Kenyataan yang terjadi adalah masih
rendahnya pencapaian kompetensi peserta didik dikarenakan motivasi yang masih
rendah, ketersedian bahan ajar yang sesuai dengan kurikulum 2013 belum
memadai, peserta didik masih belum terampil dalam kegiatan pratikum sehingga
peserta didik kesulitan dalam menyimpulkan sendiri konsep pelajaran. Salah satu
upaya yang dapat dilakukan untuk memecahkan maslaha adalah dengan
mengembangkan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berpratikum berbantuan
alat pratikum digital sehingga meningkatkan motivasi peserta didik. Tujuan
penelitian ini adalah untuk mendapatkan LKPD berpratikum berbantuan alat
pratikum Tara Kalor digital yang valid, praktis dan efektif.
Jenis Penelitian ini merupakan penelitian penelitian pengembangan (Research
& Development). Model pengembangan yang digunakan yakni model
pengembangan 4D yang terdiri atas empat tahap utama yaitu 1) Define
(pendefinisian); 2) Design (perancangan); 3) Developt (pengembangan), dan 4)
Disseminate (penyebaran). Instrumen yang dikembangkan untuk mengumpulkan
data adalah lembar validasi, lembar praktikalitas dan lembar efektifitas. Data
validitas diperoleh melalui lembar validasi yang dinilai oleh lima validator yang
dianalisis menggunakan analisis deskriptif.
Hasil validasi menunjukkan bahwa LKPD berpratikum dan alat Tara kalor
digital dengan perolehan validasi 93,28% Data kepraktisan diperoleh melalui
lembar kepraktisan. Hasil kepraktisan menunjukkan bahwa bahwa LKPD
berpratikum dan alat Tara kalor digital sangat praktis digunakan dengan perolehan
86,79%. Data keefektifan diperoleh melalui lembar penilaian kompetensi
pengetahuan, sikap dan keterampilan. Hasil efektifitas menunjukkan bahwa
bahwa LKPD berpratikum dan alat Tara kalor digital efektif untuk meningkatkan
kompetensi peserta didik dengan perolehan efektifitas 84,84. Selanjutnya pada
tahap penyebaran di satu kelas X MIA 2 MAN Sumpur menunjukkan bahwa
bahwa LKPD berpratikum dan alat Tara kalor digital efektif untuk meningkatkan
kompetensi peserta didik.
| Item Type: | Thesis (Masters/Tesis) |
|---|---|
| Subjects: | Q Science > QC Physics |
| Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Fisika-S2 |
| Depositing User: | Sri Yulianti S.IP |
| Date Deposited: | 27 Dec 2025 14:10 |
| Last Modified: | 27 Dec 2025 14:12 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/34557 |
