Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Pendekatan Saintifik pada Materi Trigonometri untuk Siswa Kelas X

Martin, Sri Novia (2014) Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Pendekatan Saintifik pada Materi Trigonometri untuk Siswa Kelas X. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_1_SRI_NOVIA_MARTIN_15967_5525_2014.pdf] Text
final_B1_1_SRI_NOVIA_MARTIN_15967_5525_2014.pdf

Download (1MB)

Abstract

Kurikulum 2013 mengamanatkan penerapan pendekatan saintifik dalam pembelajaran namun bahan ajar yang menunjang pelaksanaan pendekatan saintifik masih minim. Karena itu dilakukan suatu penelitian yang bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar yang dapat menunjang pelaksanaan pembelajaran dengan pendekatan saintifik. Bahan ajar yang dikembangkan pada penelitian ini adalah Lembar Kerja Siswa (LKS) berbasis pendekatan saintifik. LKS tersebut memuat langkah-langkah pendekatan saintifik. Model Pengembangan yang digunakan adalah model McKenney. Model tersebut tediri dari tahap preliminary, prototyping dan assesment. Tahap preliminary meliputi analisis siswa, analisis struktur isi dan analisis konsep. Prototyping terdiri dari Prototype 1, Prototype 2 dan Prototype 3. Prototype 1 terdiri dari self evaluation (evaluasi sendiri-sendiri) dan expert reviews (penilaian para ahli). Penilaian para ahli diperlukan untuk uji validitas LKS. Pada Prototype 2 dilakukan one-to-one evaluation (evaluasi satu-satu). Pada Prototype 3 dilakukan uji lapangan (field test). Uji lapangan ini dilakukan untuk mengetahui praktikalitas LKS. Tahap terakhir adalah asessment. Tahap Asessment dilakukan untuk melihat efektifitas LKS. Hasil validasi oleh praktisi pembelajaran, pakar Matematika dan pakar Bahasa Indonesia menunjukkan bahwa LKS telah valid ditinjau dari aspek kelayakan isi, kebahasaan, penyajian dan kegrafikan. Berdasarkan hasil uji praktikalitas diketahui bahwa LKS berbasis pendekatan saintifik sudah praktis dari aspek kemudahan penggunaan, kesesuaian waktu dan kebermanfaatan LKS. Berdasarkan hasil tes akhir diketahui siswa yang tuntas sudah melebihi ketuntasan klasikal. Hal ini menunjukkan bahwa LKS berbasis pendekatan saintifik sudah efektif. Jadi, dapat disimpulkan bahwa LKS berbasis pendekatan saintifik yang dikembangkan valid, praktis dan efektif.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Lembar Kerja Siswa, Pendekatan Saintifik, Trigonometri, Kelas X
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika-S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos
Date Deposited: 24 Dec 2025 19:04
Last Modified: 24 Dec 2025 19:04
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/34539

Actions (login required)

View Item
View Item