Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Model Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization pada Materi Aturan Sinus dan Cosinus

Nasrul, Reyka (2020) Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Model Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization pada Materi Aturan Sinus dan Cosinus. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_1_REYKA_NASRUL_16029125_2021.pdf] Text
final_B1_1_REYKA_NASRUL_16029125_2021.pdf

Download (845kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran
berupa Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) pada materi aturan sinus dan cosinus
untuk peserta didik kelas X SMA dengan menerapkan pembelajaran berbasis
model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted individualization. Selain itu
penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa LKPD berbasis
pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted individualization yang valid dan
praktis.
Penelitian pengembangan ini menggunakan model Plomp yang terdiri dari
tiga tahap, yaitu fase investigasi awal (Preliminary Research), fase
pengembangan (Development or Prhotyping Phase), dan fase penilaian
(Assesment Phase). Fase investigasi awal terdiri dari analisis kurikulum, analisis
konsep dan analisis peserta didik. Fase pengembangan merupakan tahap untuk
merancang perangkat pembelajaran yang terdiri dari prototype 1, dan prototype 2.
Pada prototype 1 dilakukan self evaluation dan expert reviews. Expert reviews
dilakukan untuk melihat validitas perangkat pembelajaran yang dikembangkan.
Pada prototype 2 dilakukan uji coba satu-satu (One-to-one Evaluation) dengan
mengujicobakan LKPD yang sudah divalidasi kepada tiga orang peserta didik
dengan kemampuan kognitif heterogen. Tahap terakhir yaitu fase penilaiaan untuk
melihat kepraktisan LKPD melalui hasil angket praktikalitas terhadap respon
pendidik dan peserta didik.
Berdasarkan hasil analisis data validitas menunjukan bahwa lembar kerja
peserta didik berbasis model kooperatif tipe Team Assisted Individualization pada
materi aturan sinus dan cosinus dari segi kelayakan isi, model kooperatif tipe
Team Assisted Individualization, kebahasaan, penyajian dan kegrafikan
mempunyai tingkat valditas 83,66% dengan kategori sangat valid. LKPD juga
memenuhi kriteria praktis dari hasil angket respon peserta didik dengan persentase
sebesar 88,88%. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa lembar
kerja peserta didik berbasis model kooperatif tipe Team Assisted Individualization
pada materi aturan sinus dan cosinus untuk peserta didik kelas X SMA dapat
dinyatakan valid dan praktis.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika-S1
Depositing User: Arlianis Arlianis S.IP
Date Deposited: 24 Dec 2025 16:10
Last Modified: 24 Dec 2025 16:10
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/34511

Actions (login required)

View Item
View Item