Ade Wahyuni, Zahra and Yerimadesi, Yerimadesi (2021) Praktikalitas E-Modul Kimia Unsur Berbasis Guided Discovery untuk Siswa Sekolah Menengah Atas. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3 (3). pp. 680-688. ISSN 2656-8071
2021_Ade_Yerimadesi_Praktikalitas_E_Modul_Kimia_Unsur_EDUKATIF_JURNAL_ILMU_PENDIDIKAN.pdf
Download (318kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis praktikalitas e-modul kimia unsur berbasis guided discovery
learning untuk siswa kelas XII SMA. Penelitian ini merupakan penelitian lanjutan R&D dengan model Plomp
pada tahap prototyping stage dan asessment phase. Instrumen penelitian yang digunakan berupa angket uji
praktikalitas dan lembar jawaban siswa pada e-modul. Subjek penelitian ini terdiri dari tiga orang guru kimia
dan 39 siswa kelas XII SMAN 1 Payakumbuh. Data dianalisis dengan formula Aiken’s V. Hasil one to one
evaluation menunjukkan e-modul menarik, huruf jelas, bahasa mudah dimengerti sehingga siswa mudah
memahami materi. Hasil analisis data rata-rata formula Aiken’s V pada tahap small group sebesar 0,82 dan
0,85 pada tahap field test. Data ini dibuktikan dengan kemampuan siswa menjawab soal pada e-modul sebesar
90% pada tahap small group dan 88% pada tahap field test dengan kategori tinggi. Berdasarkan analisis data
disimpulkan bahwa e-modul kimia unsur berbasis guided discovery learning praktis digunakan dalam proses
pembelajaran Kimia SMA dengan kategori kepraktisan tinggi sehingga dapat dijadikan sebagai bahan ajar
alternatif dalam pembelajaran kimia unsur.
| Item Type: | Article |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | E-Modul, Kimia Unsur, Praktikalitas. |
| Subjects: | Q Science > QD Chemistry |
| Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia-S1 |
| Depositing User: | Aditya Shawfani S.Pd |
| Date Deposited: | 10 Mar 2025 07:34 |
| Last Modified: | 10 Mar 2025 07:34 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/3451 |
