Praktikalitas E-Modul Kimia Unsur Berbasis Guided Discovery untuk Siswa Sekolah Menengah Atas

Ade Wahyuni, Zahra and Yerimadesi, Yerimadesi (2021) Praktikalitas E-Modul Kimia Unsur Berbasis Guided Discovery untuk Siswa Sekolah Menengah Atas. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3 (3). pp. 680-688. ISSN 2656-8071

[thumbnail of 2021_Ade_Yerimadesi_Praktikalitas_E_Modul_Kimia_Unsur_EDUKATIF_JURNAL_ILMU_PENDIDIKAN.pdf] Text
2021_Ade_Yerimadesi_Praktikalitas_E_Modul_Kimia_Unsur_EDUKATIF_JURNAL_ILMU_PENDIDIKAN.pdf

Download (318kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis praktikalitas e-modul kimia unsur berbasis guided discovery
learning untuk siswa kelas XII SMA. Penelitian ini merupakan penelitian lanjutan R&D dengan model Plomp
pada tahap prototyping stage dan asessment phase. Instrumen penelitian yang digunakan berupa angket uji
praktikalitas dan lembar jawaban siswa pada e-modul. Subjek penelitian ini terdiri dari tiga orang guru kimia
dan 39 siswa kelas XII SMAN 1 Payakumbuh. Data dianalisis dengan formula Aiken’s V. Hasil one to one
evaluation menunjukkan e-modul menarik, huruf jelas, bahasa mudah dimengerti sehingga siswa mudah
memahami materi. Hasil analisis data rata-rata formula Aiken’s V pada tahap small group sebesar 0,82 dan
0,85 pada tahap field test. Data ini dibuktikan dengan kemampuan siswa menjawab soal pada e-modul sebesar
90% pada tahap small group dan 88% pada tahap field test dengan kategori tinggi. Berdasarkan analisis data
disimpulkan bahwa e-modul kimia unsur berbasis guided discovery learning praktis digunakan dalam proses
pembelajaran Kimia SMA dengan kategori kepraktisan tinggi sehingga dapat dijadikan sebagai bahan ajar
alternatif dalam pembelajaran kimia unsur.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: E-Modul, Kimia Unsur, Praktikalitas.
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia-S1
Depositing User: Aditya Shawfani S.Pd
Date Deposited: 10 Mar 2025 07:34
Last Modified: 10 Mar 2025 07:34
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/3451

Actions (login required)

View Item
View Item