Diani, Rahma (2013) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika Berbasis Pendidikan Karakter dengan Problem Based Instruction dan Indikator Dampaknya Terhadap Kompetensi Siswa. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.
final_3_RAHMA_DIANI_1103889_2868_2013.pdf
Download (611kB)
Abstract
Belum tersedianya perangkat pembelajaran fisika berbasis pendidikan
karakter yang sesuai dengan karakteristik siswa menyebabkan kompetensi dan
aktivitas belajar siswa rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan
perangkat pembelajaran fisika (silabus, RPP, modul, LKS, dan penilaian) berbasis
pendidikan karakter dengan model problem based instruction yang valid, praktis,
dan efektif untuk materi suhu dan kalor. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan
untuk mengembangkan indikator dampak dari perangkat pembelajaran fisika yang
telah dikembangkan terhadap kompetensi siswa.
Penelitian ini adalah penelitian pengembangandengan menggunakan
model 4D. Tahapan yang dilakukan adalah define, design, dan develop. Pada
tahap define dilakukan analisis kurikulum, analisis siswa dan analisis konsep.
Pada tahap design dilakukan perancangan perangkat pembelajaran fisika. Tahap
develop terdiri atas tahap validasi, praktikalitas, dan efektifitas. Setelah dirancang,
perangkat pembelajaran fisika divalidasi oleh 5 orang validator. Pada tahap
praktikalitas, perangkat pembelajaran fisika diujicobakan kepada siswa kelas
XBMAN 1 Sungai penuh semester genap 2012/2013. Pada kegiatan ini guru dan
siswa akan diminta tanggapannya mengenai praktikalitas perangkat pembelajaran.
Efektifitas perangkat pembelajaran fisika diselidiki bersamaan dengan tahap
praktikalitas.Pada kegiatan ini guru dan siswa akan diminta tanggapannya
mengenai efektivitas perangkat pembelajaran. Selain itu, efektivitas juga dilihat
berdasarkan peningkatan kompetensi dan aktivitas belajar siswa. Selanjutnya,
pengembangan indikator dampak dilakukan bersamaan dengan pengembangan
perangkat pembelajaran. Indikator dampak kemudian divalidasi oleh 5 orang
validator.
Hasil yang diperoleh pada penelitian pengembangan ini adalah: 1)nilai
rata-rata persentase hasil analisis lembar validasi perangkat pembelajaran fisika
yang dikembangkan telah berada pada kategori sangat valid, 2) nilai rata-rata
persentase hasil analisis lembar keterlaksanaan RPP dan lembar praktikalitas
perangkat pembelajaran fisika yang dikembangkan telah berada pada kategori
sangat praktis, 3) nilai rata-rata persentase hasil analisis lembar efektivitas
perangkat pembelajaran fisika yang dikembangkan telah berada pada kategori
sangat efektif. Hal ini ditunjukkan pula dengan adanya peningkatan kompetensi
dan aktivitas belajar siswa, 4) nilai rata-rata persentase hasil analisis lembar
validasi indikator dampak perangkat pembelajaran fisika yang dikembangkan
telah berada pada kategori sangat valid.
| Item Type: | Thesis (Masters/Tesis) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Pengembangan, perangkat, pembelajaran, fisika, pendidikan, |
| Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LC Special aspects of education Q Science > QC Physics |
| Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Fisika-S2 |
| Depositing User: | Sri Yulianti S.IP |
| Date Deposited: | 25 Dec 2025 17:22 |
| Last Modified: | 25 Dec 2025 17:22 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/34492 |
