Pengaruh Pendekatan Problem Centered Learning Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep dan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas X SMA Negeri Kabupaten Solok

Yusri, Radhya (2014) Pengaruh Pendekatan Problem Centered Learning Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep dan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas X SMA Negeri Kabupaten Solok. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_3_RADHYA_YUSRI_1203800_773_2014.pdf] Text
final_3_RADHYA_YUSRI_1203800_773_2014.pdf

Download (629kB)

Abstract

Hasil belajar matematika yang diperoleh siswa SMA Negeri Kabupaten
Solok masih rendah. Hal ini terjadi karena proses pembelajaran masih terpusat
pada guru. Selain itu, kurangnya kemampuan penguasaan materi juga merupakan
salah satu kendala yang ikut mempengaruhi rendahnya hasil belajar siswa. Salah
satu upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah
dengan menggunakan pendekatan Problem Centered Learning . Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan Problem
Centered Learning dan kemampuan awal siswa terhadap kemampuan
pemahaman konsep dan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Penelitian dilakukan di dua kelas yang dikelompokkan sebagai kelas eksperimen
dan kelas kontrol. Di kelas eksperimen pembelajaran dilakukan dengan
menggunakan pendekatan Problem Centered Learning sedangkan pada kelas
kontrol pembelajaran dilakukan dengan menggunakan pembelajaran
konvensional. Dalam masing-masing kelas, siswa juga dibedakan dalam dua
kelompok yakni tingkat kemampuan awal tinggi dan rendah. Data penelitian
diperoleh dari hasil tes kemampuan awal dan tes hasil belajar yang dilakukan
sebelum dan setelah eksperimen dilakukan, sedangkan Analisis data dilakukan
dengan menggunakan uji t dan anava 2 arah untuk n berbeda. Hasil analisis data menunjukkan bahwa: 1) kemampuan pemahaman
konsep dan kemampuan pemecahan masalah siswa yang pembelajarannya
menggunakan pendekatan Problem Centered Learning lebih tinggi dari siswa
yang pembelajarannya menggunakan pembelajaran konvensional 2) kemampuan
pemahaman konsep dan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang
memiliki kemampuan awal tinggi yang pembelajarannya menggunakan
pendekatan Problem Centered Learning lebih tinggi daripada siswa yang
pembelajarannya menggunakan pembelajaran konvensional 3) kemampuan
pemahaman konsep dan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa
yang memiliki kemampuan awal rendah yang pembelajarannya menggunakan
pendekatan Problem Centered Learning lebih tinggi dari siswa yang
pembelajarannya menggunakan pembelajaran konvensional 4) tidak terdapat
interaksi antara penggunaan pendekatan Problem Centered Learning dengan
kemampuan awal dalam mempengaruhi kemampuan pemahaman konsep dan
kemampuan pemecahan masalah matematika siswa

Item Type: Thesis (Masters/Tesis)
Uncontrolled Keywords: Problem Centered Learning (PCL), Kemampuan Awal
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Teknologi Pendidikan-S2
Depositing User: Sri Yulianti S.IP
Date Deposited: 25 Dec 2025 15:32
Last Modified: 25 Dec 2025 15:32
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/34486

Actions (login required)

View Item
View Item