Putri, Febriyani (2011) Penerapan Model Pembelajaran Student Facilitator and Explaining dengan Sistem Jawab Berantai pada Pembelajaran Matematika di Kelas VIII SMPN 13 Padang Tahun Pelajaran 2010/2011. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
final_B1_FEBRIYANI PUTRI-77404-2011.pdf
Download (224kB)
Abstract
Aktivitas dan hasil belajar yang diperoleh siswa belum memuaskan. Hal inidisebabkan pembelajaran masih didominasi oleh guru dan kurangnya keterlibatansiswa dalam pembelajaran. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, dilakukanpenelitian dengan menerapkan pembelajaran kooperatif Student Facilitator andExplaining dengan Sistem Jawab Berantai. Rumusan masalah dalam penelitian iniadalah (1) Bagaimana aktivitas siswa dalam pembelajaran kooperatif StudentFacilitator and Explaining dengan Sistem Jawab Berantai pada siswa kelas VIIISMPN 13 Padang Tahun Pelajaran 2010/2011? (2) Apakah rata-rata hasil belajarmatematika kelompok siswa yang menggunakan pembelajaran kooperatif StudentFacilitator and Explaining dengan Sistem Jawab Berantai lebih baik dari padarata-rata hasil belajar matematika kelompok siswa dengan menggunakanpembelajaran konvensional di kelas VIII SMPN 13 Padang Tahun Pelajaran2010/2011? Hipotesis penelitian adalah rata-rata hasil belajar matematikakelompok siswa yang menggunakan pembelajaran kooperatif Student Facilitatorand Explaining dengan Sistem Jawab Berantai lebih baik dari pada rata-rata hasilbelajar matematika kelompok siswa dengan menggunakan pembelajarankonvensional di kelas VIII SMPN 13 Padang Tahun Pelajaran 2010/2011.Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dan eksperimen denganrancangan Randomized Control Group Only Design. Populasi dalam penelitian iniadalah siswa kelas VIII SMPN 13 Padang Tahun Pelajaran 2010/2011.Berdasarkan pengujian yang dilakukan terhadap sampel diperoleh kelas VIII5sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII6 sebagai kelas kontrol. Instrumenpenelitian yang digunakan adalah lembar observasi dan tes hasil belajar.Berdasarkan analisis hasil belajar diketahui rata-rata hasil belajar kelaseksperimen adalah 74,14 sedangkan rata-rata hasil belajar kelas kontrol adalah66,14. Dari hasil uji hipotesis yang dilakukan diperoleh nilai P adalah 0,005.Karena nilai P < α (0,05), maka hipotesis penelitian diterima. Dengan demikian,rata-rata hasil belajar matematika kelompok siswa yang menggunakanpembelajaran kooperatif Student Facilitator and Explaining dengan Sistem JawabBerantai lebih baik dari pada rata-rata hasil belajar matematika kelompok siswadengan menggunakan pembelajaran konvensional. Berdasarkan hasil analisislembar observasi diketahui bahwa secara umum terdapat peningkatan aktivitasbelajar siswa pada setiap pertemuan.
| Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Model, pembelajaran, matematika, |
| Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QA Mathematics |
| Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika-S1 |
| Depositing User: | Mutia Farida S.Sos |
| Date Deposited: | 25 Dec 2025 16:36 |
| Last Modified: | 25 Dec 2025 16:36 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/34480 |
