Persepsi Guru Terhadap Pembinaan Kompetensi Profesional Guru oleh Kepala Sekolah di SMPN 18 Padang

Silvia, Sri (2013) Persepsi Guru Terhadap Pembinaan Kompetensi Profesional Guru oleh Kepala Sekolah di SMPN 18 Padang. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_1_SRI_SILVIA_03886_5866_2013.pdf] Text
final_B1_1_SRI_SILVIA_03886_5866_2013.pdf

Download (744kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena yang menunjukkan masih kurangnya pembinaan kompetensi profesional guru oleh kepala sekolah di SMP N 18 Padang. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tentang pembinaan kompetensi profesional guru oleh kepala sekolah di SMP N 18 Padang melalui pengarahan, bimbingan, motivasi, penididikan dan latihan. Pertanyaan penelitian ini adalah bagaimana persepsi guru tentang pembinaan kompetensi profesional guru oleh kepala sekolah di SMP N 18 Padang melalui pengarahan, bimbingan ,motivasi, dan pendidikan dan latihan. Jenis penelitian ini bersifat deskriptif. Populasinya adalah guru-guru di SMPN 18 Padang, yang berjumlah 77 orang. Besar sampel yang diambil adalah 51 % dari masing- masing strata. Teknik pengambilan sampel adalah Stratified Proportional Random Sampling, sehingga diperoleh sampel sebanyak 39 orang. Sedangkan Instrumen penelitian yang digunakan berupa angket yang disusun dalam bentuk skala Likert. Sebelum dilakukan penelitian angket telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Data diolah dengan menggunakan rumus rata-rata. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Pembinaan kompetensi profesional guru oleh kepala sekolah di SMP N 18 Padang melalui pengarahan sudah baik, dengan skor rata-rata 4,06. (2) Pembinaan kompetensi profesional guru oleh kepala sekolah di SMP N 18 Padang melalui bimbingan cukup baik dengan skor rata-rata 3,19. (3) Pembinaan kompetensi profesional guru oleh kepala sekolah di SMP N 18 Padang melalui motivasi cukup baik, dengan skor rata-rata 3,46. (4) Pembinaan kompetensi profesional guru oleh kepala sekolah di SMP N 18 Padang melalui pendidikan dan latihan cukup baik,dengan skor rata rata 3,06. Jadi secara umum pembinaan kompetensi profesional guru oleh kepala sekolah di SMP N 18 Padang sudah cukup baik, dengan skor rata-rata 3,44. Artinya kepala sekolah di SMP N 18 Padang telah melakukan pembinaan kompetensi profesional guru dengan cukup baik.

Item Type: Thesis (Masters/Tesis)
Uncontrolled Keywords: Profesional guru
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Administrasi Pendidikan-S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos
Date Deposited: 25 Dec 2025 06:33
Last Modified: 25 Dec 2025 06:33
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/34466

Actions (login required)

View Item
View Item