Peningkatan Aktivitas dan Kemampuan Matematika dengan Menggunakan Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) pada Kelas V SDN 16 Koto Katik Padang Panjang

Silvia, Pithaloka (2010) Peningkatan Aktivitas dan Kemampuan Matematika dengan Menggunakan Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) pada Kelas V SDN 16 Koto Katik Padang Panjang. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_3_SILVIA_PITHALOKA_81114_3482.pdf] Text
final_3_SILVIA_PITHALOKA_81114_3482.pdf

Download (66kB)

Abstract

Tesis Pascasarjana Universitas Negeri Padang Aktivitas dan kemampuan matematika siswa kelas V SD Negeri 16 Koto Katik masih terindikasi belum optimal. Salah satu upaya untuk meningkatkan aktivitas dan kemampuan Matematika siswa perlu dilakukan pendekatan Realistic Mathematics Education. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan penelitian tindakan kelas. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui proses meningkatkan aktivitas, kemampuan komunikasi matematis, dan kemampuan pemecahan masalah matematika, serta mengetahui seberapa besar peningkatan aktivitas, kemampuan komunikasi matematis, dan pemecahan masalah matematika siswa dengan pendekatan Realistic Mathematic Education (RME) di kelas V SDN 16 Koto Katik Padang Panjang. Penelitian ini dilaksanakan pada semester satu tahun ajaran 2010/2011. Subjek penelitian ini adalah 20 orang siswa yang berada di kelas V SDN 16 Koto Katik Padang Panjang. Penelitian ini terdiri atas tiga siklus yang terdiri atas empat langkah yakni perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi yang akan digunakan sebagai dasar bagi perbaikan perencanaan pada siklus berikutnya. Pemerolehan data penelitian ini dilakukan dengan cara menggunakan instrumen tes, lembar observasi, dan catatan lapangan yang terdiri atas data: ( i) hasil belajar matematika siswa, (ii) aktivitas belajar siswa. Data yang diperoleh selanjutnya dianalisis dengan menggunakan dua cara, yakni pertama data kualitatif dianalisis dengan dinarasikan selanjutnya diberikan argumentasi. Kedua, data yang berbentuk kuantitatif dianalisis dengan statistik sesuai dengan yang telah ditentukan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa dengan menggunakan pendekatan Realistic Mathematic Education (RME), peningkatan hasil belajar siswa adalah sebagai berikut : dari siklus I, siklus II dan siklus III. Aktivitas belajar matematika siswa berhasil ditingkatkan. Hasil belajar matematika siswa juga mengalami peningkatan persentase siswa yang tuntas belajar untuk kemampuan komunikasi meningkat sebesar 40% pada siklus I meningkat menjadi 65% pada siklus II, dan meningkat lagi menjadi 85% pada siklus III.Kemampuan pemecahan masalah meningkat sebesar 30% pada siklus I meningkat menjadi 55% pada siklus II, dan meningkat lagi menjadi 80% pada siklus III. Dapat disimpulkan bahwa pendekatan Realistic Mathematic Education (RME) dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika siswa di kelas V SDN 16 Koto Katik Padang Panjang.

Item Type: Thesis (Masters/Tesis)
Uncontrolled Keywords: AKTIVITAS DAN KEMAMPUAN MATEMATIKA, REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Matematika-S2
Depositing User: Fitri Yelli S.Sos
Date Deposited: 25 Dec 2025 14:56
Last Modified: 25 Dec 2025 14:56
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/34451

Actions (login required)

View Item
View Item