Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika SMA Berbasis Model Inkuiri Terbimbing untuk menstimulus Keterampilan Proses Sains Peserta Didik pada Materi Listrik Dinamis Kelas X SMA Negeri 1 Sungai Aur

Rizaldi, Rachmat (2016) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika SMA Berbasis Model Inkuiri Terbimbing untuk menstimulus Keterampilan Proses Sains Peserta Didik pada Materi Listrik Dinamis Kelas X SMA Negeri 1 Sungai Aur. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_3_RACHMAT_RIZALDI_14175024_6309_2016.pdf] Text
final_3_RACHMAT_RIZALDI_14175024_6309_2016.pdf

Download (1MB)

Abstract

Salah satu faktor rendahnya hasil belajar peserta didik adalah kurangnya
keterampilan proses sains peserta didik dalam pembelajaran. Perangkat
pembelajaran yang tersedia di sekolah belum sesuai kebutuhan peserta didik. Hal
ini menuntut guru untuk mengembangkan perangkat pembelajaran berupa RPP,
LKPD, Handout, dan penilaian yang dapat menstimulus keterampilan proses sains
peserta didik. Salah satu model pembelajaran yang sesuai kebutuhan tersebut
adalah model inkuiri. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat
pembelajaran berbasis model inkuiri terbimbing untuk menstimulus keterampilan
proses sains peserta didik pada materi listrik dinamis dengan kriteria valid, praktis
dan efektif.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan (research
and development). Model pengembangan yang digunakan adalah model 4-D yang
terdiri dari tahap Define, Design, Development dan Dissiminate. Pada tahap
Define dilakukan analisis kurikulum, analisis peserta didik, analisis materi, dan
analisis tugas. Pada tahap Design dilakukan perancangan terhadap perangkat
pembelajaran berupa RPP, Handout, LKPD dan penilaian. Tahap pengembangan
dilakukan uji validitas melalui lembar validasi perangkat pembelajaran, uji
praktikalitas melalui lembar observasi keterlaksanaan RPP, angket respon guru
dan peserta didik, uji efektivitas diperoleh dari penilaian kompetensi pengetahuan,
sikap dan keterampilan proses sains peserta didik. Tahap penyebaran dilakukan
dengan penyebaran perangkat pembelajaran.
Hasil analisis validasi perangkat pembelajaran yang telah dikembangkan
berada pada kategori sangat valid dengan persentase 83,2%RPP, 88,3%Handout,
85,5%LKPD, dan 88,2%Penilaian. Analisis praktikalitas berdasarkan angket
keterlaksanaan RPP dengan persentase 85,6% berada pada kategori sangat praktis,
angket respon guru dengan persentase 84,08% pada kategori sangat praktis dan
angket respon peserta didik dengan persentase 75,6% pada kategori praktis. Hasil
uji efektivitas, dinyatakan perangkat pembelajaran yang dikembangkan efektif
karena perangkat dapat meningkatkan kompetensi peserta didik pada kompetensi
pengetahuan dengan nilai 78,7, sikap dengan nilai 75,4 dan keterampilan proses
sainsnya dengan nilai 75,3. Dengan demikian, perangkat pembelajaran fisika
berbasis model inkuiri terbimbing untuk menstimulus keterampilan proses sains
peserta didik pada materi listrik dinamis sangat valid, praktis dan efektif untuk
diterapkan dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Masters/Tesis)
Uncontrolled Keywords: Perangkat Pembelajaran, Inkuiri Terbimbing
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Fisika-S2
Depositing User: Sri Yulianti S.IP
Date Deposited: 25 Dec 2025 14:51
Last Modified: 25 Dec 2025 14:51
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/34448

Actions (login required)

View Item
View Item