Utami, Sri Suci (2015) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw terhadap Keterampilan Menulis Teks Eksposisi Siswa Kelas VII SMP Negeri 4 Kabupaten Solok Selatan. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
final_B1_1_SRI_SUCI_UTAMI_54444_1975_2015 MSL.pdf
Download (678kB)
Abstract
Latar belakang penelitian ini adalah sebagai berikut. Pertama, siswa kelas VII SMP Negeri 4 Kabupaten Solok Selatan belum terampil menulis teks eksposisi dengan baik. Terbukti nilai keterampilan menulis teks eksposisi siswa masih di bawah rata-rata berkisar antara 60-75, sedangkan nilai KKM adalah 75. Kedua, siswa kesulitan dalam menuangkan ide atau gagasan yang telah diketahuinya ke dalam bentuk tulisan. Kesulitan ini disebabkan jarangnya siswa melakukan latihan di sekolah atau di luar sekolah. Ketiga, guru masih menggunakan model pembelajaran konvensional yang kurang mendukung keterampilan menulis siswa, seperti penggunaan metode ceramah dan penugasan saja sehingga siswa menjadi bosan atau jenuh dalam belajar, dan tidak termotivasi untuk mengikuti pembelajaran keterampilan menulis khususnya menulis teks eksposisi. Keempat, guru belum pernah menerapkan model pembalajaran kooperatif tipe jigsaw. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidak pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap keterampilan menulis teks eksposisi siswa kelas VII SMP Negeri 4 Kabupaten Solok Selatan. Teori yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu keterampilan menulis teks eksposisi dan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen semu. Jenis rancangan penelitian yang digunakan adalah rancangan One Group Pretest Postest Design. Penelitian ini menggunakan dua variabel, yaitu keterampilan menulis teks eksposisi siswa sebelum menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw sebagai variabel pertama (X1) dan keterampilan menulis teks eksposisi siswa setelah menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw sebagai variabel kedua (X2). Sampel dalam penelitian ini berjumlah 30 orang yang diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling karena sampel yang dibutuhkan dalam penelitian ini hanya terdiri atas satu kelompok subjek. Data dalam penelitian ini adalah skor yang diperoleh siswa kelas VII SMP Negeri 4 Kabupaten Solok Selatan dari hasil tes keterampilan menulis teks eksposisi siswa sebelum menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dan setelah menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dan hasil tes tersebut dibandingkan dengan menggunakan rumus uji-t untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh yang terjadi. Hasil penelitian ini yaitu, hipotesis alternatif (H1) diterima pada taraf signifikansi 95% dan derajat kebebasan (dk) = n–1 karena thitung>ttabel (7,49 >1,70). Dengan demikian, disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw berpengaruh terhadap keterampilan menulis teks eksposisi siswa kelas VII SMP Negeri 4 Kabupaten Solok Selatan. Jadi, disimpulkan bahwa keterampilan menulis teks eksposisi siswa kelas VII SMP Negeri 4 Kabupaten Solok Selatan setelah menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw lebih baik dari pada sebelum menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw. Hal ini terjadi dikarenakan penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dapat membantu siswa berpikir kritis dalam menuangkan pendapat-pendapatnya dalam suatu topik serta siswa dapat mengatasi permasalahan dalam materi pembelajaran dalam kelompok.
| Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran Kooperatif, Jigsaw, Keterampilan Menulis, Teks Eksposisi |
| Subjects: | P Language and Literature > P Philology. Linguistics |
| Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia-S1 |
| Depositing User: | Sudia Ajjronisa S.Sos |
| Date Deposited: | 24 Dec 2025 18:38 |
| Last Modified: | 24 Dec 2025 18:38 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/34447 |
