Yulia, Putri (2013) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Problem Based Learning (PBL) untuk Kelas V SD. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.
final_3_PUTRI_YULIA_1103898_1763_2013.pdf
Download (759kB)
Abstract
Perangkat pembelajaran yang selama ini digunakan berupa LKS dan RPP, belum mampu membantu siswa dalam menyelesaikan permasalahan matematika. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan perangkat pembelajaran matematika berbasis Problem Based Learning (PBL) yang valid, praktis, dan efektif. Perangkat pembelajaran ini diharapkan dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan model 4-D yang terdiri dari 4 tahap, yaitu 1) pendefinisian (define), 2) perancangan (design), 3) pengembangan (develop), dan 4) penyebaran (dessiminate). Validasi perangkat dilakukan oleh ahli pendidikan matematika, pendidikan dasar dan bahasa. Kepraktisan perangkat pembelajaran diselidiki dengan cara mengamati pelaksanaan pembelajaran, pengisian angket praktikalitas oleh siswa, dan dengan melakukan wawancara dengan siswa dan guru. Keefektivan peragkat dilihat dari aktivitas dan hasil belajar siswa, kemudian data yang terkumpul dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran berbasis Problem Based Learning (PBL) yang dihasilkan sudah valid dari segi isi dan konstruk untuk Kelas V SD. Perangkat pembelajaran sudah praktis, karena mudah, jelas, dan dapat digunakan tanpa kendala. Perangkat pembelajaran sudah efektif karena dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas V SD. Dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran berbasis Problem Based Learning (PBL) valid, praktis dan efektif
| Item Type: | Thesis (Masters/Tesis) |
|---|---|
| Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
| Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Teknologi Pendidikan-S2 |
| Depositing User: | Sri Yulianti S.IP |
| Date Deposited: | 24 Dec 2025 07:57 |
| Last Modified: | 24 Dec 2025 07:59 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/34446 |
