Pengaruh Pembelaaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) Terhadap Pemahaman Konsep dan Kemampuan Komunikasi Matematis Pada Siswa Kelas VIII MTs N Pekanbaru

Wahyuni, Putri (2013) Pengaruh Pembelaaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) Terhadap Pemahaman Konsep dan Kemampuan Komunikasi Matematis Pada Siswa Kelas VIII MTs N Pekanbaru. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_3_PUTRI_WAHYUNI_1104039_4107_2013.pdf] Text
final_3_PUTRI_WAHYUNI_1104039_4107_2013.pdf

Download (794kB)

Abstract

Pemahaman konsep dan kemampuan komunikasi matematis siswa MTs N
Pekanbaru masih rendah. Hal ini terlihat pada hasil tes pemahaman konsep dan
kemampuan komunikasi matematis yang diperoleh siswa. Untuk mengatasi hal
tersebut digunakan pembelajaran kooperatif tipe STAD. Tujuan penelitian ini
adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD
terhadap pemahaman konsep dan kemampuan komunikasi matematis siswa kelas
VIII MTs N Pekanbaru.
Jenis penelitian ini adalah Quasi Experiment. Populasi pada penelitian ini
adalah siswa MTs N Pekanbaru. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas
VIII-3 MTs Simpang Tiga Pekanbaru sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas
VIII-4 MTs N Muara Fajar Pekanbaru sebagai kelas kontrol yang dipilih secara
acak. Instrumen yang digunakan adalah tes tertulis mengenai pemahaman konsep
dan kemampuan komunikasi matematis siswa. Data yang diperoleh dianalisis
dengan menggunakan uji t, uji Mann-Whitney U.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) pemahaman konsep matematika
dan kemampuan komunikasi matematis siswa yang diajar dengan pembelajaran
kooperatif tipe STAD lebih tinggi daripada siswa yang diajar menggunakan
pembelajaran konvensional, (2) pemahaman konsep dan kemampuan komunikasi
matematis siswa berkemampuan awal tinggi yang diajar dengan pembelajaran
kooperatif tipe STAD lebih tinggi daripada siswa berkemampuan awal tinggi yang
diajar dengan pembelajaran konvensional, dan (3) pemahaman konsep dan
kemampuan komunikasi matematis siswa berkemampuan awal rendah yang diajar
dengan pembelajaran kooperatif tipe STAD lebih tinggi daripada siswa
berkemampuan awal rendah yang diajar dengan pembelajaran konvensional.

Item Type: Thesis (Masters/Tesis)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Teknologi Pendidikan-S2
Depositing User: Sri Yulianti S.IP
Date Deposited: 25 Dec 2025 13:01
Last Modified: 25 Dec 2025 13:01
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/34445

Actions (login required)

View Item
View Item