Widya, Putri Triska (2016) Deskripsi Pemahaman Konsep dan Kemampuan Berpikir Kritis Terkait dengan Pengintegrasian Aktivitas Praktikum dan Teori di Kelas XI SMA. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.
final_3_PUTRI_TRISKA_WIDYA_1304210_6228_2016.pdf
Download (663kB)
Abstract
Kimia dianggap sebagai pelajaran yang sulit bagi siswa dengan beberapa alasan, seperti karena sifat abstrak dari beberapa konsep kimia. Guru harus membantu siswa untuk mengatasi kesulitan dalam memahami konsepkonsep kimia tersebut. Salah satu dari beberapa cara untuk membantu siswa lebih mudah dalam memahami konsep-konsep kimia adalah dengan mengembangkan kemampuan berpikir kritis dan berpikir ilmiah siswa. Praktikum di laboratorium dapat melatih siswa untuk berpikir kritis dan pada saat yang sama membangun pemahaman siswa tentang konsep kimia. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menggambarkan keterampilan berpikir kritis, pemahaman konsep, dan korelasi keterampilan berpikir kritis dengan pemahaman konsep siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Informan dalam penelitian ini adalah siswa kelas dua di SMAN 15 Padang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes esai, tes CCTT-X dan lembar observasi. Hasil penelitian menunjukkan siswa pada kelas dengan praktikum di awal pembelajaran akan lebih berkembang keterampilan berpikir kritis dan pemahaman konsepnya daripada siswa pada kelas dengan praktikum pada akhir pembelajaran, dan juga korelasi antara kemampuan berpikir kritis dengan pemahaman konsep siswa sangat lemah.
| Item Type: | Thesis (Masters/Tesis) |
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) |
| Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Kimia-S2 |
| Depositing User: | Sri Yulianti S.IP |
| Date Deposited: | 24 Dec 2025 07:53 |
| Last Modified: | 24 Dec 2025 07:53 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/34444 |
