Murni, Puspita (2011) Penerapan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik (PMR) Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XI IPS 1 SMA Cendana Pekanbaru. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.
final_3_PUSPITA_MURNI_11126_3170_2012.pdf
Download (676kB)
Abstract
Aktivitas dan hasil belajar matematika siswa di SMA cendana Pekanbaru
khususnya kelas XI IPS tergolong rendah. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor
diantaranya proses pembelajaran matematika selama ini bersifat mekanistik. Guru
memberikan algoritma dan contoh soal kemudian meminta siswa menyelesaikan
soal-soal yang mirip dengan contoh. Pembelajaran berpusat pada guru sementara
siswa cenderung pasif. Untuk mengatasi permasalahan ini peneliti mencoba
menerapkan pendekatan PMR menggunakan model pembelajaran kooperatif.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action
Research) yang terdiri dari dua siklus dimana masing-masing siklus melalui empat
tahap yaitu: (1) penyusunan rencana, (2) pelaksanaan, (3) observasi, dan (4) refleksi.
Penelitian ini dilaksanakan pada semester ganjil Tahun Pelajaran 2010/2011 di
kelas XI IPS 1 yang berjumlah 26 orang dan instrumen yang digunakan terdiri dari
lembar observasi siswa, lembar observasi guru, hasil tes belajar, dan catatan
lapangan.
Hasil analisis data dari dua siklus yang dilalui pada penelitian ini
menunjukkan terjadi peningkatan aktivitas belajar siswa untuk setiap indikator.
Ketuntasan belajar secara kalsikal adalah 80,77% siswa yang sudah mencapai
KKM. Kesimpulan penelitian ini adalah penerapan pendekatan PMR dapat
meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika siswa.
| Item Type: | Thesis (Masters/Tesis) |
|---|---|
| Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
| Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Teknologi Pendidikan-S2 |
| Depositing User: | Sri Yulianti S.IP |
| Date Deposited: | 25 Dec 2025 09:21 |
| Last Modified: | 25 Dec 2025 09:21 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/34415 |
