Gumitri, Angra (2022) Pengembangan Model Pengasuhan BDR (Belajar Dari Rumah) Dimasa Pandemi Covid_19 Dalam Perkembangan Emosional Anak Di Taman Kanak-Kanak. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.
B1_01_ANGRA_GUMITRI_20330003_3431.pdf
Download (1MB)
Abstract
Hasil penelitian awal sebagian orang tua murid taman kanak-kanak kurangnya wawasan tentang model pengasuhan, untuk itu tujuan dari penelitian ini yaitu menghasilkan sebuah produk berupa e-modul untuk pengenalan model pengasuhan kepada orang tua yang valid, praktis dan efektif.Jenis penelitian ini adalah research and development dengan model ADDIE, yakni dengan analysis, design, development, implementation dan evaluation. Instrument pengumpulan data dalam penelitian ini berupa angketuntuk uji validitas, pratikalitas dan efektifitas. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis statistik deskriptif dengan validasi Aiken’s V.Hasil validitas e-modul oleh ahli materi dan ahli media dinyatakan valid dengan kategori penilaian adalah V= 0,73 dan V= 0,85 layak digunakan. Hasil praktikalitas menunjukkan bahwa e-modul dinyatakan sangat praktis dengan persentase 86,54 % dan 90,38% sebagai bahan untuk pengenalan model pengasuhan pada orang tua peserta didik, e-module model pengasuhan dapat menimbulkan motivasi bagi orang tua serta dapat digunakan secara berulang-ulang oleh orang tua bila diperlukan. Hasil persentase efektifitas e-modul82, 86% dinyatakan efektif. Dapat disimpulkan bahwa e-modul model pengasuhan di taman kanak-kanak sudah layak digunakan sebagai model pengasuhan BDR (Belajar dari rumah) memiliki kualitas yang valid, praktis dan efektif.
Item Type: | Thesis (Masters/Tesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Emosional Anak; Model Pengasuhan; Belajar Dari Rumah; Taman Kanak-Kanak |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) H Social Sciences > HM Sociology |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Guru PAUD-S2 |
Depositing User: | Wiwi Sartika S.Sos |
Date Deposited: | 30 Jan 2025 02:20 |
Last Modified: | 30 Jan 2025 02:20 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/344 |