Yanti, Marlinda (2013) Pengaruh Strategi Pembelajaran Mind Mapping dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar IPS (Ilmu Pengetahuan Sosial) di SD Negeri 101 Pekanbaru. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.
final_03_MARLINDA_YANTI_S2_1109861_3727_2013.pdf
Download (503kB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena awal yang menemukan hasil belajar IPS siswa kelas VI SD Negeri 101 Pekanbaru masih rendah, diduga disebabkan strategi yang digunakan guru kurang efektif. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perbedaan antara hasil belajar IPS kelas VI menggunakan strategi pembelajaran mind mapping dengan hasil belajar IPS siswa kelas VI yang diajar dengan menggunakan strategi pembelajaran konvensional. Jenis penelitian ini adalah penelitian Quasi Eksperimental, karena penelitian dilakukan berdasarkan kelas yang telah terbentuk sebelumnya. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VI di SD Negeri 101 Pekanbaru. Sampel penelitian sebanyak 56 orang siswa, 28 orang siswa untuk kelas eksperimen dan 28 orang siswa untuk kelas kontrol. Alat pengumpul data yang digunakan dalam penelitian ini berupa tes objektif berbentuk pilihan ganda yang sebelum digunakan diuji terlebih dahulu validitas dan reliabilitasnya. Selanjutnya dilakukan pengujian terhadap kesamaan rata-rata. Berdasarkan penelitian diperoleh bahwa rata-rata hasil belajar IPS siswa kelas VI yang diajar dengan strategi pembelajaran mind mapping lebih tinggi dibandingkan dengan rata-rata hasil belajar IPS siswa kelas VI yang diajar dengan strategi pembelajaran konvensional, baik dari segi motivasi belajar tinggi maupun motivasi belajar rendah, dan tidak terdapatnya interaksi antara strategi pembelajaran mind mapping dan motivasi terhadap hasil belajar IPS siswa kelas VI SDN 101 Pekanbaru Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran menggunakan strategi mind mapping dapat meningkatkan hasil belajar dan motivasi siswa, baik secara individual maupun bersama-sama daripada menggunakan strategi pembelajaran konvensional. Oleh sebab itu strategi pembelajaran mind mapping dapat digunakan pada mata pelajaran yang lain, seperti IPA, PKn, dan lain-lain.
| Item Type: | Thesis (Masters/Tesis) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Strategi Pembelajaran Mind Mapping |
| Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
| Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Teknologi Pendidikan-S2 |
| Depositing User: | Perpustakaan dan Penerbitan UNP |
| Date Deposited: | 21 Dec 2025 11:24 |
| Last Modified: | 21 Dec 2025 11:24 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/34379 |
