Mediawati, Mediawati (2017) Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Konstruktivisme Pada Materi Lingkaran Untuk Kelas VIII SMP. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.
final_03_MEDIAWATI_19572_2920_2018.pdf
Download (2MB)
Abstract
Lingkaran merupakan materi pokok yang harus dipahami siswa. Berbagai proses yang ada dapat dikaitkan dengan pengetahuan awal siswa dan cara berfikir siswa dalam memahami suatu materi. Hal itu akan mempengaruhi keaktifan siswa dalam pembelajaran. Berdasarkan pengamatan yang dilakukan di SMPN 2 Lembah Gumanti, guru di kelas masih menggunakan pembelajaran konvensional dengan mengandalkan buku teks dan LKS yang beredar di pasaran.Oleh sebab itu, perlu dirancang Lembar Kerja Siswa ( LKS ) berbasis konstruktivisme. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengungkapkan validitas, praktikalitas dan efektivitas LKS berbasis konstruktivisme. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan model 4-D (four D) yang terdiri dari empat tahap yaitu: tahap pendefinisian (define), tahap perancangan (design), tahap pengembangan (develop), dan tahap penyebaran (disseminate). Tahap penyebaran tidak dilakukan karena keterbatasan waktu dan biaya. Validitas produk dilakukan melalui penilaian para pakar menggunakan instrumen validasi, pengukuran praktikalitas produk diselidiki melalui observasi pelaksanaan pembelajaran dan pemberian angket kepada siswa dan guru dan pengukuran efektivitas melalui ujicoba lapangan. Data penelitian dikumpulkan melalui angket, tes dan dokumentasi. Data yang terkumpul dianalisis secara deskriptif. Hasil validasi terhadap pengembangan LKS berbasis konstruktivisme menunjukan rata-rata 85,0%. Ini berarti LKS yang dikembangkan memenuhi kriteria sangat valid. Selain itu para siswa memberikan nilai rata-rata 90,5% dan guru 84,15% artinya bahwa LKS ini sangat praktis digunakan. Penggunaan LKS mampu meningkatkan aktivitas siswa dengan nilai rata-rata 85,34% dengan kriteria aktif. Modul ini dapat meningkatkan kompetensi kognitif. Hal ini terlihat dari nilai rata-rata 86,10% dengan kriteria sangat efektif. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa LKS berbasis konstruktivisme untuk materi LingkaranSMP kelas VIII yang telah dihasilkan dapat dinyatakan valid, praktis dan efektif.
| Item Type: | Thesis (Masters/Tesis) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Pengembangan Lembar Kerja Siswa |
| Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
| Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Teknologi Pendidikan-S2 |
| Depositing User: | Perpustakaan dan Penerbitan UNP |
| Date Deposited: | 21 Dec 2025 11:57 |
| Last Modified: | 21 Dec 2025 11:57 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/34373 |
