Minalisa, Medya (2018) Pengembangan Asesmen Kinerja Berbasis Inquiry Based Learning (IBL) untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains (KPS) Peserta Didik Kelas XI MIPA di SMAN 1 Bayang. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.
final_03_MEDYA_MINALISA_15175024_5036_2018.pdf
Download (914kB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya proses pembelajaran dan penilaian secara autentik di kelas serta lemahnya keterampilan proses sains yang dilatihkan pada peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan asesmen kinerja berbasis inquiry based learning yang valid, praktis dan efektif serta menganalisis pengaruh produk yang dikembangkan terhadap peningkatan keterampilan proses sains (KPS) peserta didik. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development) dengan model pengembangan 4-D yang terdiri dari tahap define, design, development, dan disseminate. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas XI MIPA SMAN 1 Bayang Tahun Ajaran 2017/2018. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah instrumen validasi, instrumen praktikalitas, dan instrumen efektivitas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa asesmen kinerja berbasis inquiry based learning valid dan praktis, serta efektif digunakan dalam proses pembelajaran karena asesmen kinerja berbasis inquiry based learning terbukti dapat meningkatkan hasil belajar dan keterampilan proses sains peserta didik.
| Item Type: | Thesis (Masters/Tesis) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Asesmen Kinerja, Inquiry Based Learning, Keterampilan Proses Sains |
| Subjects: | Q Science > QC Physics |
| Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Fisika-S2 |
| Depositing User: | Perpustakaan dan Penerbitan UNP |
| Date Deposited: | 21 Dec 2025 12:06 |
| Last Modified: | 21 Dec 2025 12:06 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/34370 |
