Ariska, Lori (2016) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Type Think Pair Square terhadap Hasil Belajar Sejarah Kelas XI IPS di SMA N 6 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
final_B1_02_LORI_ARISKA_1205983_617_2017.pdf
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk melihat ada tidaknya perbedaan hasil belajar menggunakan Model Pembelajaran Cooperative LearningTypeThink Pair Square dengan hasil belajar yang tidak menggunakan Model Pembelajaran Cooperative LearningTypeThink Pair Square, yaitu pengajaran langsung. Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen,populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI IPSSMA Negeri 6 PadangTahun Ajaran 2016/2017.Penelitianini bersifat kuasi eksperimen.Teknik pengambilan sampel yang dilakukan menggunakan teknik Claster sampling.Kelas eksperimen adalah kelas yang diberi perlakuan dengan menggunakan Model Pembelajaran Cooperative Learning tipe Think Pair Square dan yang menjadi kelas kontrol adalah kelas yang menggunakan model pengajaran langsung.Data dikumpulkan dari tes hasil belajar berupa soal objektif sebanyak 24 butir soal. Data yang diperoleh dianalisis secara manual untuk uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis, microsoft excel untuk uji validitas, daya beda dan menggunakan SPSS versi 16.0 untuk menghitungmean, median, modus. Hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata peserta didik yang menggunakan Model Pembelajaran Cooperative LearningTypethink Pair Square yaitu 85,16 sementara nilai rata-rata peserta didik yang menggunakan model pengajaran langsung lebih rendah yaitu 78,98 dengan persentase perbedaan hasil belajar antara kelas eksperimen dan kelas kontrol sebesar7,82%. Pengujian hipotesis menunjukkan bahwathitung (2,403)>ttabel(1,670), sehingga hipotesis kerja (H1) diterima atau menolak hipotesis nihil (Ho). Hal ini berarti bahwa secara signifikan peningkatan hasil belajar dengan menggunakan model pembelajaranCooperative Type Think Pair Squarelebih besar daripadahasil belajar dengan menggunakan model pembelajaran langsung.
| Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | CooperativeTypeThink Pair Square,Model Pembelajaran, Pengajaran Langsung, Hasil Belajar, Kontrol dan Eksperimen |
| Subjects: | D History General and Old World > D History (General) L Education > LB Theory and practice of education |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah-S1 |
| Depositing User: | Perpustakaan dan Penerbitan UNP |
| Date Deposited: | 22 Dec 2025 08:06 |
| Last Modified: | 22 Dec 2025 08:06 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/34351 |
