Kontribusi Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Kecerdasan Emosional terhadap Pelaksanaan Kinerja Guru Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Bonjol Kabupaten Pasaman

Trisnawati, Ayu (2011) Kontribusi Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Kecerdasan Emosional terhadap Pelaksanaan Kinerja Guru Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Bonjol Kabupaten Pasaman. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_1_AYU_TRISNAWATI_10607_2987.pdf] Text
B1_1_AYU_TRISNAWATI_10607_2987.pdf

Download (255kB)

Abstract

Dari hasil pengamatan yang dilakukan terhadap guru-guru SD Negeri di
Kecamatan Bonjol, Kabupaten Pasaman, terkesan kinerja guru termasuk kategori
sedang. Fenomena ini diduga berhubungan erat dengan faktor kepemimpinan
kepala sekolah dan kecerdasan emosional. Penelitian ini bertujuan untuk
mengungkapkan: kontribusi kepemimpinan Kepala Sekolah dan kecerdasan
emosional terhadap kinerja guru. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini
adalah: 1) Kepemimpinan Kepala Sekolah berkontribusi terhadap kinerja guru, 2)
Kecerdasan emosional berkontribusi terhadap kinerja guru, dan 3) Kepemimpinan
Kepala Sekolah dan kecerdasan emosional secara bersama-sama berkontribusi
terhadap kinerja guru.
Populasi penelitian ini adalah guru SD Negeri di Kecamatan Bonjol
Kabupaten Pasaman yang berstatus PNS berjumlah 151 orang. Sampel penelitian
ini sebanyak 62 orang yang ditetapkan dengan teknik stratified proportional
random sampling, dengan mempertimbangkan jenjang pendidikan, golongan dan
masa kerja. Instrumen yang digunakan untuk pengumpulan data adalah angket
model skala Likert yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Untuk menguji
hipotesis digunakan analisis korelasi dan regresi.
Hasil analisis data menunjukkan bahwa ketiga hipotesis yang diajukan
telah teruji dan signifikan. Variabel kepemimpinan Kepala sekolah memberikan
kontribusi sebesar 10,7% terhadap kinerja guru. Variabel kecerdasan emosional
memberikan kontribusi sebesar 13,1% terhadap kinerja guru. Secara bersama
sama kedua variabel bebas memberikan kontribusi sebesar 20,1% terhadap kinerja
guru. Tingkat ketercapaian untuk variabel kepemimpinan Kepala Sekolah adalah
88,20% dan berada pada kategori baik. Tingkat ketercapaian variabel kecerdasan
emosional sebesar 81,18% dan berada pada kategori baik. Tingkat ketercapaian
variabel kinerja guru sebesar 78,16% dan berada pada kategori cukup. Kedua
variabel kepemimpinan Kepala Sekolah dan kecerdasan emosional merupakan
dua variabel prediktor terhadap kinerja guru SD Negeri di Kecamatan Bonjol
Kabupaten Pasaman. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan
bahwa kepemimpinan Kepala Sekolah dan kecerdasan emosional merupakan dua
faktor penting yang mempengaruhi kinerja guru.

Item Type: Thesis (Masters/Tesis)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Administrasi Pendidikan-S2
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos
Date Deposited: 10 Mar 2025 07:01
Last Modified: 10 Mar 2025 07:01
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/3435

Actions (login required)

View Item
View Item