Trisnawati, Ayu (2011) Kontribusi Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Kecerdasan Emosional terhadap Pelaksanaan Kinerja Guru Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Bonjol Kabupaten Pasaman. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_1_AYU_TRISNAWATI_10607_2987.pdf [thumbnail of B1_1_AYU_TRISNAWATI_10607_2987.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png) Text
            
              
Text
B1_1_AYU_TRISNAWATI_10607_2987.pdf
Download (255kB)
Abstract
Dari hasil pengamatan yang dilakukan terhadap guru-guru SD Negeri di 
Kecamatan Bonjol, Kabupaten Pasaman, terkesan kinerja guru termasuk kategori 
sedang. Fenomena ini diduga berhubungan erat dengan  faktor kepemimpinan 
kepala sekolah dan kecerdasan emosional. Penelitian ini bertujuan untuk 
mengungkapkan: kontribusi kepemimpinan Kepala Sekolah dan kecerdasan 
emosional terhadap kinerja guru. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini 
adalah: 1) Kepemimpinan Kepala Sekolah berkontribusi terhadap kinerja guru, 2) 
Kecerdasan emosional berkontribusi terhadap kinerja guru, dan 3) Kepemimpinan 
Kepala Sekolah dan kecerdasan emosional secara bersama-sama berkontribusi 
terhadap kinerja guru. 
Populasi penelitian ini adalah guru SD Negeri di Kecamatan Bonjol 
Kabupaten Pasaman yang berstatus PNS berjumlah 151 orang. Sampel penelitian 
ini sebanyak 62 orang yang ditetapkan dengan teknik stratified proportional 
random sampling, dengan mempertimbangkan jenjang pendidikan, golongan dan 
masa kerja. Instrumen yang digunakan untuk pengumpulan data adalah angket 
model skala Likert yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Untuk menguji 
hipotesis digunakan analisis korelasi dan regresi. 
Hasil analisis data menunjukkan bahwa ketiga hipotesis yang diajukan 
telah teruji dan signifikan. Variabel kepemimpinan Kepala sekolah memberikan 
kontribusi sebesar 10,7% terhadap kinerja guru. Variabel kecerdasan emosional 
memberikan kontribusi sebesar 13,1% terhadap kinerja guru. Secara bersama
sama kedua variabel bebas memberikan kontribusi sebesar 20,1% terhadap kinerja 
guru. Tingkat ketercapaian untuk variabel kepemimpinan Kepala Sekolah adalah 
88,20% dan berada pada kategori baik. Tingkat ketercapaian variabel kecerdasan 
emosional sebesar 81,18% dan berada pada kategori baik. Tingkat ketercapaian 
variabel kinerja guru sebesar 78,16% dan berada pada kategori cukup. Kedua 
variabel kepemimpinan Kepala Sekolah dan kecerdasan emosional merupakan 
dua variabel prediktor terhadap kinerja guru SD Negeri di Kecamatan Bonjol 
Kabupaten Pasaman. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan 
bahwa kepemimpinan Kepala Sekolah dan kecerdasan emosional merupakan dua 
faktor penting yang mempengaruhi kinerja guru.
| Item Type: | Thesis (Masters/Tesis) | 
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) | 
| Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Administrasi Pendidikan-S2 | 
| Depositing User: | Sudia Ajjronisa S.Sos | 
| Date Deposited: | 10 Mar 2025 07:01 | 
| Last Modified: | 10 Mar 2025 07:01 | 
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/3435 | 
 
         