Lubis, Metha (2017) Model Mental Mahasiswa Calon Guru Kimia Pada Pembelajaran Kesetimbangan Kimia. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.
final_03_METHA_LUBIS_15176013_5618_2017.pdf
Download (1MB)
Abstract
Model mental merupakan keterkaitan antara tiga level representasi kimia terhadap setiap fenomena. Tiga level representasi tersebut adalah level makroskopik dan level simbolik (narasi), serta level submikroskopik (gambar). Model mental mahasiswa calon guru kimia pada penelitian ini dikelompokkan menjadi lima tipe, yaitu tipe 1, tipe 2, tipe 3, tipe 4 dan tipe 5. Jenis penelitian ini adalah deskriptif. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah pertanyaan terbuka dan wawancara. Pertanyaan terbuka terdiri dari 6 butir soal yang menggambarkan 5 fenomena dalam konsep kesetimbangan kimia. Sampel pada penelitian ini adalah mahasiswa pendidikan kimia FMIPA UNP tahun ajaran 2016/2017. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model mental mahasiswa pada fenomena kesetimbangan dinamis berada pada tipe 3, pada fenomena konstanta kesetimbangan model mental mahasiswa berada pada tipe 2, fenomena hubungan Kc dan Kp model mental mahasiswa berada pada tipe 1, dan model mental mahasiswa pada fenomena termodinamika kesetimbangan berada pada tipe 1, serta model mental mahasiswa pada fenomena pergeseran kesetimbangan berada pada tipe 2. Model mental mahasiswa calon guru kimia pada pembelajaran kesetimbangan kimia yaitu 43% tipe 1, 36% tipe 2, 16% tipe 3, 5% tipe 4 dan 1% tipe 5. Pemahaman mahasiswa calon guru kimia pada tiga level representasi dalam kesetimbangan kimia cenderung kurang dari 50%.
| Item Type: | Thesis (Masters/Tesis) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Model Mental, Kesetimbangan Kimia, Tiga Level Representasi |
| Subjects: | Q Science > QD Chemistry |
| Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Kimia-S2 |
| Depositing User: | Perpustakaan dan Penerbitan UNP |
| Date Deposited: | 22 Dec 2025 08:52 |
| Last Modified: | 22 Dec 2025 09:37 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/34349 |
