Nengsih, Retno (2012) “Penerapan Pendekatan Somatis, Auditori, Visual, dan Intelektual dalam Pembelajaran Matematika di Kelas XI-IPS SMA Pembangunan Laboratorium UNP Padang Tahun Pelajaran 2010/2011. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
final_B1_1_RETNO NENGSIH_72974.pdf
Download (1MB)
Abstract
Hasil belajar matematika siswa kelas XI-IPS SMA Pembangunan Laboratorium UNP Padang pada ujian mid semester 1 masih rendah. Persentase ketuntasan pada ujian matematika mid semester 1 siswa berkisar antara 17,1%- 27,5%. Rendahnya hasil belajar siswa ini kemungkinan disebabkan oleh beberapa faktor, beberapa diantaranya adalah rendahnya motivasi siswa dalam mengerjakan latihan, serta terjadinya komunikasi yang satu arah. Cara yang diperkirakan dapat mengatasi masalah ini adalah dengan menerapkan pendekatan Somatis, Auditori, Visual, dan Intelektual (SAVI) dalam pembelajaran matematika. Rumusan masalah pada penelitian ini, yaitu apakah hasil belajar matematika siswa kelas XIIPS SMA Pembangunan Laboratorium UNP Padang yang menggunakan pendekatan SAVI lebih tinggi dibandingkan hasil belajar matematika yang menggunakan pendekatan konvensional. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Randomized Control Group Only Design. Populasi penelitian adalah siswa kelas XI-IPS SMA Pembangunan Laboratorium UNP Padang yang terdaftar pada tahun pelajaran 2010/2011. Sampel penelitian diambil dengan metode purposive sampling, sehingga yang menjadi sampel adalah kelas XI-IPS 1 yang menggunakan pendekatan SAVI sebagai kelas eksperimen dan kelas XI-IPS 2 yang menggunakan pendekatan konvensional sebagai kelas kontrol. Data Dari hasil analisis data diperoleh nilai rata-rata hasil belajar siswa yang yang menggunakan pendekatan SAVI adalah 55,78 dan hasil belajar siswa yang yang menggunakan pembelajaran konvensional adalah 48,35. Dari hasil pengujian hipotesis dengan menggunakan bantuan software MINITAB diperoleh P-value = 0,003. Oleh karena P-value < α dengan α=0,05, maka H0 ditolak. Hal ini berarti hasil belajar siswa kelas XI-IPS SMA Pembangunan Laboratorium UNP Padang dalam pembelajaran matematika yang menggunakan pendekatan SAVI lebih baik daripada hasil belajar matematika yang menggunakan pembelajaran konvensional.
| Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | PENERAPAN PENDEKATAN SOMATIS |
| Subjects: | L Education > LC Special aspects of education Q Science > QA Mathematics |
| Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika-S1 |
| Depositing User: | Arlianis Arlianis S.IP |
| Date Deposited: | 24 Dec 2025 18:28 |
| Last Modified: | 24 Dec 2025 18:28 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/34310 |
