Improving Students’ Comprehension Of Short Story by Using Video At Semester Vi Of The English Department of Stkip Muhammadiyah Sungai Penuh

Ningsih, Darda Sutfi (2020) Improving Students’ Comprehension Of Short Story by Using Video At Semester Vi Of The English Department of Stkip Muhammadiyah Sungai Penuh. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_02_DARDA_SUTFI_NINGSIH_51455_1095_2021.pdf] Text
final_02_DARDA_SUTFI_NINGSIH_51455_1095_2021.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pemahaman membaca merupakan suatu suatu proses pemahaman makna yang ditemukan pada teks. Di STKIP Muhammadiyah Sungai Penuh ditemukan bahwa mahasiswa semester VI mempunyai masalah memahami cerita pendek, mereka mengalami kesulitan dalam memahami cerita pendek, kurang motivasi, dan kurang bahan bacaan yang tersedia di perpustakaan. Penelitian ini bertujuan untuk menguji seberapa jauh video bisa meningkatkan pemahaman cerita pendek dan menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi peningkatan pemahaman cerita pendek pada mahasiswa semester VI STKIP Muhammadiyah Sungai Penuh. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa semester VI STKIP Muhammadiyah Sungai Penuh. Adapun instrumen dari penelitian ini adalah tes pemahaman membaca cerita pendek, lembar pengamatan untuk dosen dan mahasiswa, catatan lapangan, dan wawancara yang digunakan untuk melihat peningkatan pemahaman cerita pendek yang dimiliki mahasiswa. Penelitian ini dilakukan selama delapan kali pertemuan yang terdiri dari dua siklus, masing masing siklus terdiri dari empat kali pertemuan yang meliputi tahapan-tahapan perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Pada akhir siklus pertama, hasil tes pemahan membaca cerita pendek mahasiswa masih rendah. Pada siklus kedua, masalah tersebut bisa diatasi dengan memberikan perhatian terhadap media dan strategi yang digunakan serta mendampingi mahasiswa dalam meningkatkan pemahaman nya terhadap cerita pendek. Disimpulkan bahwa video dapat meningkatkan pemahaman cerita pendek pada mahasiswa. Peningkatan tersebut dipengaruhi oleh beberapa faktor, yakni materi, media, aktivitas di kelas, pengelolaan kelas, dan pendekatan yang dilakukan oleh dosen. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan video mampu meningkatkan pemahaman cerita pendek pada mahasiswa semester VI STKIP Muhammadiyah Sungai Penuh dengan baik.

Item Type: Thesis (Masters/Tesis)
Uncontrolled Keywords: Pemahaman Cerita Pendek, Video, Penelitian Tindakan Kelas
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Bahasa Inggris-S2
Depositing User: Perpustakaan dan Penerbitan UNP
Date Deposited: 22 Dec 2025 09:44
Last Modified: 22 Dec 2025 09:44
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/34301

Actions (login required)

View Item
View Item