Hubungan Kemampuan Bernalar dengan Keterampilan Menulis Argumentasi Siswa Kelas X Sma Negeri 1 Tanjung Raya.

Fitri, Yuliza (2013) Hubungan Kemampuan Bernalar dengan Keterampilan Menulis Argumentasi Siswa Kelas X Sma Negeri 1 Tanjung Raya. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_1_YULIZA_FITRI_12099_5160_2013.pdf] Text
final_B1_1_YULIZA_FITRI_12099_5160_2013.pdf

Download (637kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan hal-hal berikut. Pertama, kemampuan bernalar siswa kelas X SMA Negeri 1 Tanjung Raya. Kedua, keterampilan menulis argumentasi siswa kelas X SMA Negeri 1 Tanjung Raya. Ketiga, hubungan kemampuan bernalar dengan keterampilan menulis argumentasi siswa kelas X SMA Negeri 1 Tanjung Raya. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan korelasi. Data dalam penelitian ini, yaitu (1) kemampuan bernalar siswa kelas X SMA Negeri 1 Tanjung Raya, (2) keterampilan menulis argumentasi siswa kelas X SMA Negeri 1 Tanjung Raya, dan (3) hubungan kemampuan bernalar dengan keterampilan menulis argumentasi siswa kelas X SMA Negeri 1 Tanjung Raya. Data yang sudah terkumpul dianalisis berdasarkan langkah-langkah sebagai berikut. Pertama, melakukan penskoran terhadap hasil bernalar siswa. Kedua, menentukan skor keterampilan menulis argumentasi. Ketiga, mengubah skor tes kemampuan bernalar dan keterampilan menulis argumentasi menjadi nilai dengan menggunakan rumus persentase.Keempat, mengelompokkan nilai kemampuan bernalar dan keterampilan menulis argumentasi berdasarkan pedoman konversi skala sepuluh. Kelima, menentukan rata-rata hitung (M) dari masing-masing tes. Keenam, mengklasifikasikan nilai siswa perindikator. Ketujuh, membuat histogram kemampuan bernalar dan keterampilan menulis argumentasi. Kedelapan, mengkorelasikan nilai kemampuan bernalar dengan keterampilan menulis argumentasi. Kesembilan, melakukan uji persyaratan analisis. Kesepuluh, menguji hipotesis yang diajukan dengan melakukan uji signifikan (uji t). Kesebelas, membahas hasil analisis dan menyimpulkan hasil pembahasan dengan cara mendeskripsikan hubungan kemampuan bernalar dengan keterampilan menulis argumentasi siswa kelas X SMA Negeri 1 Tanjung Raya. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut. Pertama, keterampilan menulis argumentasi siswa kelas X SMA Negeri 1 Tanjung Raya berada pada kualifikasi lebih dari cukup. Kedua, kemampuan bernalar siswa kelas X SMA Negeri 1 Tanjung Raya berada pada kualifikasi lebih dari cukup. Ketiga, terdapat hubungan yang signifikan antara kemampuan bernalar dengan keterampilan menulis argumentasi siswa kelas X SMA Negeri 1 Tanjung Raya.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: X SMA Negeri 1, Tanjung Raya
Subjects: P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia-S1
Depositing User: Perpustakaan dan Penerbitan UNP
Date Deposited: 22 Dec 2025 10:06
Last Modified: 22 Dec 2025 10:06
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/34265

Actions (login required)

View Item
View Item