Meta-Analisis: Validitas Dan Praktikalitas Modul Ipa Berbasis Saintifik

Rikizaputra, Rikizaputra and Festiyed, Festiyed and Adha, Yuni and Yerimadesi, Yerimadesi (2021) Meta-Analisis: Validitas Dan Praktikalitas Modul Ipa Berbasis Saintifik. Bio-Lectura: Jurnal Pendidikan Biologi, 8 (1). pp. 45-56.

[thumbnail of 10 _2021_Rikizaputra_Festiyed_Yuni_Ahda_Yerimadesi_Meta_Analisis_Bio_Lectura_Jurnal_Pendidikan_Biologi.pdf] Text
10 _2021_Rikizaputra_Festiyed_Yuni_Ahda_Yerimadesi_Meta_Analisis_Bio_Lectura_Jurnal_Pendidikan_Biologi.pdf

Download (661kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat validitas dan praktikalitas pengembangan modul IPA berbasis saintifik. Penelitian ini menggunakan metode meta analisis. Data dikumpulkan dengan acara mencari artikel jurnal dari internet. Sampel yang digunakan sebanyak 20 artikel terkait dengan pengembangan modul IPA berbasis saintifik. Hasil penelitian menemukan bahwa tingkat validitas pengembangan modul IPA berbasis saintifik pada aspaspek isi 0,86 kategori valid, apek penyajian 0,88 kategori valid, aspek bahasa 0,87 kategori valid, aspek grafic 0,86 kategori valid. Tingkat kepraktisan guru 0,86 kategori sangat tinggi dan praktikalitas aspek siswa 0,85 kategori tinggi. Modul IPA berbasis saintifik yang dikembangkan dapat dikategorikan sebagai valid dan praktis sehingga layak digunakan dalam proses pembelajaran IPA.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Meta-analisis, saintifik, modul, pembelajaran IPA
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi-S1
Depositing User: Aditya Shawfani S.Pd
Date Deposited: 10 Mar 2025 06:29
Last Modified: 10 Mar 2025 06:29
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/3425

Actions (login required)

View Item
View Item